Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

6 Contoh Hukum Iqlab

Iqlab merupakan salah satu bentuk ilmu tajwid, dimana bertemunya dua huruf akan mengubah bentuk aslinya. Ketika belajar membaca Alquran dengan ilmu dan hukum tajwid, iqlab ditandakan dengan bunyi dengung pada pelafalan mim mati.

Memahami pengertian iqlab menjadi salah satu bagian dari belajar ilmu tajwid sendiri. Sehingga nantinya ketika membaca dan mengaji Alquran bisa melakukan pelafalan yang benar. Sesuai dengan hukum tajwid yang ditentukan.

Di Alquran sendiri terdapat banyak surat yang menggunakan bacaan hukum iqlab. Tidak salah bila memahami dan benar-benar mempelajari mengenai iqlab menjadi bagian penting dalam membaca Alquran.

Agar semakin paham mengenai pengertian sampai contoh dan cara membaca hukum iqlab, berikut merupakan ulasan lengkapnya.

Arti dan Pengertian Iqlab

Secara harfiah menurut bahasa, إقلاب‎ iqlab artinya bergerak, membalik, menggantikan, menukar; mengubah dari bentuk sebenarnya. Sehingga membuat bentuk yang berbeda dari semula.

Dalam ilmu hukum tajwid untuk bacaan Alquran, iqlab masuk ke dalam kategori yang sama dengan izhar, ikhfa’, dan idgham. Dimana keempatnya merupakan bagian dari hukum bacaan نْ nun mati/nun sukun atau ــًــ, ــٍــ, ــٌــ tanwin.

Pengertian iqlab sendiri adalah perubahan bentuk نْ nun mati atau ــًــ, ــٍــ, ــٌــ tanwin ketika bertemu dengan ب ba.

Pertemuan huruf tersebut dengan huruf iqlab, maka bentuknya berubah. Huruf نْ nun mati atau ــًــ, ــٍــ, ــٌــ tanwin akan menjadi مْ mim sukun/mim mati.

Mengapa Terjadi Iqlab

Iqlab memang tidak terjadi secara sembarangan. Perubahan bentuk huruf yang bertemu satu sama lain ini berlangsung karena setidaknya beberapa alasan berbeda.

Di dalam ilmu Tajwid, perubahan bentuk نْ nun mati/nun sukun dan ــًــ, ــٍــ, ــٌــ tanwin saat bertemu huruf iqlab ب ba terjadi karena dua hal, yaitu:

  1. Huruf مْ mim dan ب ba merupakan makhraj, sehingga keduanya saling berkaitan dan bersaudara
  2. Di sisi lain, huruf مْ mim juga menjadi saudara نْ nun, keduanya memiliki sifat gunnah atau berdengung

Keterkaitan dan persaudaraan antara huruf-huruf ini yang akhirnya menyebabkan terjadinya iqlab. Terutama dengan cara membaca hukum iqlab yang dilakukan dengan mendengung. Sesuai dengan sifat gunnah yang dimiliki نْ nun dan مْ mim.

Selain itu iqlab juga terjadi karena kebiasaan orang Arab dalam bercakap-cakap.

Demi memperlancar dan membuat percakapan berlangsung dengan lebih sejalan, نْ nun mati/nun sukun akan berubah menjadi مْ mim mati/sukun ketika bertemu huruf ب ba. Seperti misalnya Mimbar, yang awalnya merupakan kata Minbar.

Hukum Iqlab Dalam Bacaan Alquran

Hukum Iqlab di Alquran dibedakan menjadi dua pembahasan berbeda: bagaimana cara membaca serta tanda hukum iqlab.

Cara membaca yang tepat menjadi bagian yang tidak kalah penting dalam ilmu tajwid. Setelah memahami mengenai pengertian dalam ulasan di atas, mempelajari bagaimana cara baca hukum iqlab merupakan tahapan berikutnya.

Kemudian juga mengenali apa tanda hukum iqlab yang ada di dalam bacaan.

1.     Cara Baca Hukum Iqlab

Disebutkan di atas, pengertian iqlab ialah perubahan bentuk dari نْ nun mati atau ــًــ, ــٍــ, ــٌــ tanwin saat bertemu huruf iqlab ب ba menjadi مْ mim sukun. Ketika membaca مْ mim sukun pada iqlab, kedua bibir atas dan bawah akan tertutup.

Bacaan juga akan diiringi dengan dengungan sepanjang 2 harakat atau ketukan. Seperti layaknya sifat gunnah pada نْ nun dan مْ mim.

Bunyi dengung saat membaca مْ mim mati pada iqlab sebaiknya berasal dari pangkal hidung. Sehingga bisa menghasilkan bunyi dengung yang panjang sampai 2 harakat.

Kedua bibir yang merapat pun menjadi cara membaca hukum iqlab yang harus diperhatikan.

“Hukum iqlab dalam ilmu tajwid tidak bisa dibaca hanya sebagai مْ mim mati saja. Harus ada dengungan dari pangkal hidung dengan posisi kedua bibir bawah dan atas yang merapat.

Dengungan sepanjang 2 ketukan/harakat menjadi penanda adanya hukum iqlab pada bacaan yang dilafalkan.”

2.     Tanda Hukum Iqlab

Dalam bacaan Alquran, hukum iqlab diperlihatkan dengan tanda huruf مْ mim kecil. Peletakan tanda مْ mim kecil ini diantara huruf نْ nun mati atau ــًــ, ــٍــ, ــٌــ tanwin dengan huruf  iqlab ب ba.

Contoh tanda pada hukum iqlab diantaranya:

  • مَنْ بِخَلَ yang dibaca mambikhola
  • يُنْبِتُ yang dibaca yumbitu       
  • جَزَاءًبِمَا yang dibaca Jazaa ambimaa    
  • مِنْ بَاقِيَةٍ dibaca Mim baaqiyatin            
  • اَنْبَتَكُمْ dibaca ambatakum
  • عَوَانٌنْ بَيْنَ dibaca ‘awaanum baina
Contoh Bacaan Hukum Iqlab Dalam Alquran

Sumber: Pixabay

Contoh Bacaan Hukum Iqlab Dalam Alquran

Ilmu tajwid menjadi bagian penting dalam membaca Alquran. Terutama dengan banyaknya penggunaan ilmu dan hukum tajwid di dalam bacaan Alquran. Iqlab juga termasuk diantaranya.

Contoh bacaan Iqlab cukup mudah ditemukan di berbagai surat Alquran. Berikut ini merupakan 6 diantaranya. Sekaligus juga bagaimana cara membaca hukum iqlab dalam bacaan tersebut.

1.     Surat Yasin Ayat 52

قَالُوا يَاوَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِن مَّرْقَدِنَا هَذَا مَاوَعَدَ الرَّحْمَـُن وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ

Di surat Yasin ayat ke 52, bagian ayat di atas terdapat hukum iqlab. Dimana نْ nun mati bertemu dengan huruf iqlab, ب ba mati. Contoh bacaan iqlab dari bagian yang ditebalkan tersebut menjadi: mam ba’atsanaa.

2.     Surat At-Takwiir Ayat 9

بِأَىِّ ذَنْبٍقُتِلَتْ

Contoh iqlab dalam Alquran berikutnya ada di surat At-Takwiir ayat 9. Terdapat huruf نْ nun mati yang bertemu dengan ب ba mati. Sehingga bacaan dari ayat tersebut menjadi Bi-ayyi dzammbinn qutilat.

3.     Surat An Nissa’ Ayat 58

اِنَّ اللّٰہَ یَاۡمُرُکُمۡ اَنۡ تُؤَدُّوا الۡاَمٰنٰتِ اِلٰۤی اَہۡلِہَا ۙ وَ اِذَا حَکَمۡتُمۡ بَیۡنَ النَّاسِ اَنۡ تَحۡکُمُوۡا بِالۡعَدۡلِ ؕ اِنَّ اللّٰہَ نِعِمَّا یَعِظُکُمۡ بِہٖ ؕ اِنَّ اللّٰہَ کَانَ سَمِیۡعًۢا بَصِیۡرًا

Bacaan surat An Nissa’ Ayat 58 di atas: Innallaha ya’murukum an tu’adduul amaanaati ila ahlihaa wa-idzaa hakamtum bainannaasi an tahkumuu bil ‘adli innallaha ni’immaa ya’izhukum bihi innallaha kaana samii’am bashiiran.

Terdapat huruf ـًــ tanwin yang bertemu dengan ب ba.

4.     Surat Al Fajr Ayat 23

وَجِايْۤءَ يَوْمَىِٕذٍۢ بِجَهَنَّمَۙ يَوْمَىِٕذٍ يَّتَذَكَّرُ الْاِنْسَانُ وَاَنّٰى لَهُ الذِّكْرٰىۗ

Ayat di atas terdapat ـــٍ tanwin dan ب ba. Cara membaca hukum iqlab tersebut menjadi: Wajii-a yauma-idzim bijahannama yauma-idzin yatadzakkaru-insaanu wa-anna lahudz-dzikr(a).

5.     Surat Al Hasyr Ayat 10

وَ الَّذِیۡنَ جَآءُوۡ مِنۡۢ بَعۡدِہِمۡ یَقُوۡلُوۡنَ رَبَّنَا اغۡفِرۡ لَنَا وَ لِاِخۡوَانِنَا الَّذِیۡنَ سَبَقُوۡنَا بِالۡاِیۡمَانِ وَ لَا تَجۡعَلۡ فِیۡ قُلُوۡبِنَا غِلًّا لِّلَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا رَبَّنَاۤ اِنَّکَ رَءُوۡفٌ رَّحِیۡمٌ

Di ayat ini,  نْ nun mati juga bertemu dengan huruf iqlab ب.

Bacaan dari ayat tersebut dengan hukum iqlab menjadi: Waal-ladziina jaa-uu mim ba’dihim yaquuluuna rabbanaaaghfir lanaa wala-ikhwaaninaal-ladziina sabaquunaa bil-iimaani walaa taj’al fii quluubinaa ghilaa lil-ladziina aamanuu rabbanaa innaka rauufun rahiimun

6.     Surat Al Mulk Ayat 13

وَاَسِرُّوْا قَوْلَكُمْ اَوِ اجْهَرُوْا بِهٖۗ اِنَّهٗ عَلِيْمٌ ۢبِذَاتِ الصُّدُوْرِ

Ayat di atas dibaca:Wa-asirruu qaulakum awiijharuu bihi innahu ‘aliimum bidzaatish-shuduur(i). Terdapat huruf  ـــٌ tanwin yang juga bertemu dengan ب ba.

Memahami  arti dan pengertian iqlab akan sangat membantu dalam belajar bagaimana cara membaca hukum iqlab. Semoga contoh iqlab dalam Alquran yang diberikan di atas akan semakin memudahkan ketika belajar ilmu tajwid.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Tips Sukses Belajar Tahsin

Wahyoeni
3 min read

Hukum Mim Sukun

Wahyoeni
3 min read

Idgham

Wahyoeni
3 min read