Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Khatam Al-Quran

Simak tentang √ doa khatam Al-Quran, √ makna doa khatam Al-Quran, √ manfaat membaca Al-Quran dan √ adab membaca Al-Quran berikut.


Khatam Al-Quran

Bisa membaca Al-Quran sampai khatam akan menjadi kebahagiaan sendiri bagi setiap umat islam yang mambaca Al-Quran.

Doa-Khatam-Al-Quran

Sudah berapa kali Anda dapat mengkhatamkan Al-Quran?

Jika memang belum bisa mengkhatamkan Al-Quran maka tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri Anda. Anda bisa memulai rajin membaca Al-Quran mulai dari sekarang.

Khatam Al-Quran maksudnya adalah sudah menyelesaikan membaca Al-Quran mulai dari surat Al-Fatihah (surat pembuka Al-Quran) sampai surat An-Naas (surat penutup Al-Quran).

Dalam hadist riwayat Muslim dikatakan bahwa Al-Quran dapat memberikan syafaat pada para pembacanya kelak di hari kiamat.

Rasulullah bersabda :

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

Artinya :

“Bacalah Al-Quran, sesungguhnya ia (Al-Quran) akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya.” (Imam Muslim, Shahih Muslim).

Oleh sebab hal itulah mari senantiasa rajin membaca Al-Quran sampai mengkhatamkanya. Setelah selesai mengkhatamkan Al-Quran maka ada baiknya Anda membaca doa khatam Al-Quran.

Walau tidak ada informasi atau keterangan yang shahih tentang fadhilah berdoa setelah khatam Al-Quran. Namun berdoa setelah khatam Al-Quran sudah menjadi tradisi para pendahulu kita dan sebagian ahli fiqih.

Diriwayatkan secara shahih oleh sahabat Anas bin Malik Ra, sebagai berikut:

كان أنس إذا ختم القرآن جمع ولده وأهل بيته فدعا لهم

Artinya :

“Dahulu Anas, jika dia mengkhatamkan Al Quran maka dia mengumpulkan anak-anaknya dan keluarganya, lalu dia berdoa untuk mereka.”

Karena berdoa niatnya sebagai rasa syukur kepada Allah atas usahanya sudah dapat mengkhatamkan Al-Quran.

Rasulullah bersabda :

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ فَرِيضَةٍ فَلَهُ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ، وَمَنْ خَتَمَ الْقُرْآنَ فَلَهُ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ

“Barangsiapa yang sholat yaitu sholat fardhu maka dia memiliki doa yang mustajab, dan barangsiapa yang mengkhatamkan Al-Quran maka dia memiliki doa yang mustajab.” (Imam Ath Thabarani dalam Al Mujam Al Kabir No. 647).

Dari hadist diatas, setelah sholat fardhu dan setelah khatam Al-Quran adalah waktu yang mustajab buat berdoa. Maka panjatkanlah doa setelah Khatam Al-Quran agar keinginanya di kabulkan oleh Allah.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang doa khatam Al-Quran, makna doa khatam Al-Quran, keutamaan membaca Al-Quran dan adab membaca Al-Quran. Silahkan simak penjelasannya berikut.

Doa Khatam Al-Quran

Setelah khatam membaca Al-Quran dari juz 1 sampai juz 30, dianjurkan untuk membaca doa khatam Al-Quran.

Bacaan Doa Khatam Al-Quran

Doa berikut ini bisa Anda panjatkan setelah selasai membaca khatam Al-Quran atau setelah selesai membaca Al-Quran.

Doa-Khatam-Al-Qur'an

Bacaan Doa Khatam Al-Quran Arab

اَللَّهُمَّ ارْحَمْنِيْ بِاْلقُرْآنْ، وَاجْعَلْهُ لِيْ إِمَامًا وَنُوْرًا وَهُدًا وَرَحْمَةْ، اَللَّهُمَّ ذَكِّرْنِيْ مِنْهُ مَا نَسِيْتُ، وَعَلِّمْنِيْ مِنْهُ مَا جَهِلْتُ، وَارْزُقْنِيْ تِلاَوَتَهُ آنَاءَ الْلَيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارْ، وَاجْعَلْهُ لِيْ حُجَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمْيِنَ

Bacaan Doa Khatam Al-Quran Latin

“Allhummarhamni bilqur’an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.”

Artinya :

“Ya Allah berikanlah rahmat kepadaku dengan kitab Al-Quran yang agung ini, jadikanlah ia (Al-Quran) bagiku sebagai panutan, cahaya, serta petunjuk rahmat.”

“Ya Allah ingantkanlah aku seandainya aku lupa akan ayat-ayat Al-Quran.”

“Ajarkanlah aku dari padanya yang belum aku ketahui dan anugerahkanlah kepadaku kesempatan membaca Al-Quran tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia (Al-Quran) sebagai pembela yang kuat bagiku. Wahai Allah, Tuhan semesta alam.”

Doa tersebut bisa Anda panjatkan setelah selesai mengkhatamkan Al-Quran. Mari mulai luangkan waktu untuk membaca Al-Quran, bacalah Al-Quran meski hanya seayat.

Al-Quran juga merupakan pedoman hidup bagi seluruh umat islam. Oleh sebab itu bacalah Al-Quran beserta terjemahanya dan isi kandunganya, hal ini agar Anda dapat lebih memahami makna setiap surat dalam Al-Quran.

Dalam doa setelah khatam Quran diatas, terdapat 6 makna yang sangat penting. Silahkan simak makna yang terkandung dalam doa khatam Al-Quran berikut.

Makna Doa Khatam Al-Quran

Makna-Doa-Khatam-Al-Quran

Berikut 6 poin penting atau makna doa Khatam Al-Quran.

1. Meminta Kasih Allah

Dalam Doa tersebut terdapat harapan kita untuk meminta kasih dari Allah.

Hal ini terdapat dalam bacaan :

اَللَّهُمَّ ارْحَمْنِيْ بِاْلقُرْآنْ

Artinya :

“Ya Allah, kasihilah aku dengan Al-Quran.”

Makna dari bacaan ini adalah setelah membaca Al-Quran kita memohon kasih-Nya. Kita berharap agar Allah melimpahkan kasih-Nya kepada kita, sebab kita telah menjaga interaksi dengan Al-Quran.

2. Meminta agar Al-Quran dijadikan Pemimpin, Cahaya, Petunjuk dan Rahmat

Hal ini terdapat dalam bacaan :

وَاجْعَلْهُ لِيْ إِمَامًا وَنُوْرًا وَهُدًا وَرَحْمَةْ

Artinya :

“Dan jadikanlah Al-Quran sebagai Pemimpin, Cahaya, Petunjuk dan Rahmat bagiku.”

Makna dari bacaan ini adalah setelah membaca Al-Quran kita memohon agar Al-Quran menjadi pemimpin atau yang harus dijadikan pedoman untuk kita. Menjadi cahaya bagi kita yang sedang menjalani kesuraman dalam hidup.

Al-Quran dapat menjadi petunjuk bagi kita sebagai umat islam yang taat. Dan juga Al-Quran menjadi rahmat agar senantiasa kita mendapatkan kesenangan terus menerus.

3. Meminta Diingatkan Dari Isi Al-Quran yang Terlupa

Hal ini terdapat dalam bacaan :

اَللَّهُمَّ ذَكِّرْنِيْ مِنْهُ مَا نَسِيْتُ

Artinya :

“Ya Allah ingantkanlah aku seandainya aku lupa akan ayat-ayat Al-Quran.”

Makna dari bacaan ini adalah setelah membaca Al-Quran kita memohon agar kita selalau diingatkan dengan isi atau kandungan dalam Al-Quran.

Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada kita agar dapat hafal dan mengingat isi dari Al-Quran yang telah kita baca.

4. Meminta Untuk Diajari Tentang Isinya yang Tidak Kita Ketahui

Hal ini terdapat dalam bacaan :

وَعَلِّمْنِيْ مِنْهُ مَا جَهِلْتُ

Artinya :

“Ajarkanlah aku dari padanya yang belum aku ketahui.”

Makna dari bacaan ini adalah setelah membaca Al-Quran kita memohon agar selalu diberikan pemahaman akan isi Al-Quran yang belum kita pahami.

Semoga Allah senantiasa memberikan anugerah kepada kita agar dapat paham dengan isi dari Al-Quran yang telah kita baca.

5. Meminta Rezeki Berupa Kedekatan Dengan Al-Quran

Hal ini terdapat dalam bacaan :

وَارْزُقْنِيْ تِلاَوَتَهُ آنَاءَ الْلَيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارْ

Artinya :

“Anugerahkanlah kepadaku kesempatan membaca Al-Quran tengah malam dan siang hari.”

Makna dari bacaan ini adalah setelah membaca Al-Quran kita memohon agar selalu diberikan limpahan rezeki.

Permohonan untuk yang ini sangat luar biasa. Karena kita memohon bentuk rezeki yang berbeda. Kenapa berbeda, karena kita memohon rasa nikmat untuk selalu berdekatan dengan Al-Quran.

Memohon kepada Allah agar senantiasa dapat selalu membaca Al-Quran dalam waktu malam dan siang hari.

Baca juga : Doa Rezeki Lancar

6. Meminta Pembelaan Al-Quran

Hal ini terdapat dalam bacaan :

وَاجْعَلْهُ لِيْ حُجَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمْيِنَ

Artinya :

“Jadikanlah ia (Al-Quran) sebagai pembela yang kuat bagiku. Wahai Allah, Tuhan semesta alam.”

Makna dari bacaan ini adalah setelah membaca Al-Quran kita memohon agar Al-Quran menjadi pembela utuk kita.

Menjadi pembela untuk kita di hari akhir kelak. Karena Al-Quran adalah salah satu yang dapat menjadi syafaat untuk kita di hari kiamat nanti.

Keutamaan Membaca Al-Quran

Keutamaan-Membaca-Al-Quran

Al-Quran sebagai kitab pedoman hidup umat islam. Begitu banyak sekali hikmah dari membaca Al-Quran.

Berikut ini adalah beberapa hikmah atau keutamaan membaca Al-Quran.

1. Mendapatkan Pahala

Al-Quran akan mendatangkan pahala bagi setiap umat muslim yang membacanya.

Seperti dalam hadis riwayat Tirmidzi yang menyebutkan bahwa membaca satu huruf dari Al-Quran akan mendatangkan satu kebaikan, dari satu kebaikan tersebut akan dilipat gandakan menjadi sepuluh.

2. Mendapat Ketentraman Jiwa atau Hati

Dalam surat Al-Isra ayat 82 menyebutkan bahwa Al-Quran diturunkan oleh Allah untuk mengobatai segala penyakit hati. Bagi para pembaca Al-Quran dan bagi setiap orang yang mendengarkan dan menyimak ayat-ayat Al-Quran.

3. Diangkat Derajatnya

Allah akan mengangkat derajat orang yang membaca, mempelajari, dan mengamalkan Al-Quran. Selain itu bagi yang mengamalkannya akan lebih dekat dengan Allah.

4. Al-Quran Dapat Memberikan Syafaat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Al-Quran dapat memberikan syafaat di hari kiamat bagi setiap orang yang mau membacanya.

Maka perbanyaklah membaca Al-Quran serta amalkanlah Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, agar kelak Al-Quran menjadi penolong Anda di hari kiamat.

5. Dihadiri Malaikat

Dengan senang tiasa membaca Al-Quran, maka rumah Anda akan selalu dihadiri oleh malaikat. Malaikat akan mengunjungi setiap rumah yang penghuninya selalu membaca Al-Quran.

6. Terbebas Dari Aduan Rasulullah

Saat hari kiamat akan ada beberapa manusia yang diadukan RAsulullah kepada Allah. Salah satu hikmah membaca Al-Quran adalah akan terbebas dari aduan Rasulullah. Untuk itu perbanyaklah membaca Al-Quran.

7. Menjadi Kemuliaan Bagi Orang Tuanya di Surga

Memiliki anak yang sholeh dan sholehah tentunya idaman setiap orang tua. Setiap orang tua berharap kelak anaknya bisa menjadi penolong orang tuanya di akhirat.

Setiap anak yang belajar dan membaca Al-Quran apalagi sampai hafal Al Quran 30 Juz, maka kelak di akhirat orang tua mereka akan diberikan pakaian kemulian di surga.

Maka ajarilah anak-anak Anda untuk senantiasa membaca Al-Quran, serta ajarilah untuk mengamalkan Al-Quran di kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa kemuliaan dari membaca Al-Qu’ran. Marilah lebih gemar untuk membaca Al-Quran. Selalu luangkan waktu untuk membaca Al-Quran beserta terjemahanya.

Baca juga : Surat Yasin

Adab Membaca Al-Quran

Ketika membaca Al-Quran ada bebarapa sikap yang perlu diperhatikan. Adab-adab membaca Al-Quran ini perlu diperhatikan agar Anda mendapatkan kesempuranaan pahala saat membaca Al-Quran.

1. Membaca Al-Quran Dalam Keadaan Suci

Lebih baik memang ketika membaca Al-Quran dalam keadaan diri yang suci.

Namun bukan berarti tidak diperbolehkan membaca Al-Quran ketika dalam keadaan najis, meski dalam keadaan najis seorang muslim masih boleh membaca Al-Quran.

2. Mulailah Membaca Al-Quran Dengan Kalimat Ta’awudz dan Membaca Bismillah Pada Setiap Awal Surat

Saat Anda hendak membaca Al-Quran maka ada baiknya Anda membaca kalimat Ta’awudz terlebih dahulu, kemudian bacalah bismillah pada setiap awal surat, kecuali surat At-Taubah.

3. Membaca Dengan Pelan (Tartil)

Bacalah Al-Quran dengan pelan dan tidak terburu-buru. Bacalah setiap huruf dalam Al-Quran sesuai dengan hukum-hukum ilmu tajwid.

Membaca Al-Quran dengan pelan dan teliti bertujuan untuk menghindari kesalahan arti dan lafal bacaannya.

4. Membaca Al-Quran Dengan Khusyuk

Pengaruh ayat Al-Quran yang dibaca dapat menyentuh jiwa dan perasaan seseorang yang membaca ataupun yang mendengarnya.

Dan bahkan tidak sedikit juga orang yang menangis ketika membaca atau mendengarkan ayat Al-Quran.

Karena kalau membaca dan mengetahui artinya akan ada bacaan yang bisa membuat pembaca dan yang mendengarkan menangis.

Meskipun begitu bukan berarti Anda boleh pura-pura menangis ketika membaca atau mendengar lantunan ayat Al-Quran.

5. Bacalah Dengan Suara yang Bagus

Bacalah Al-Quran sesuai dengan makhroj hurufnya, sesuai dengan panjang pendek huruf, dan sesuai dengan kententuan kaidah ilmu tajwid. Tidak perlu membaca dengan suara yang dibuat-buat di luar kemampuannya.

Itulah bebarapa adab sebelum membaca Al-Quran, jika ingin mendapat kesempurnaan pahala saat memnaca Al-Qur’an maka praktikanlah adab-adab tersebut.

Baca juga : Ayat Kursi

Tips Agar Bisa Khatam Al-Quran Dalam Waktu Sebulan

Tips-Khatam-Al-Quran-Dalam-Satu-Bulan

Jika Anda benar-benar ingin mengkhatamkan Al-Quran selama satu bulan, maka Anda bisa menerapkan tips-tips berikut ini. Insya Allah Anda bisa mengkhatamkan Al-Quran dalam waktu satu bulan.

Berikut ini adalah tips agar bisa mengkatamkan Al-Quran selama satu bulan.

1. Niat dan Konsisten

Yang paling penting adalah Anda harus memiliki niat yang kuat serta Anda dapat konsisten dengan keputusan Anda. Berbagai macam tips juga akan percuma jika tidak ada niat dan konsisiten pada diri Anda.

2. Bacalah Al-Quran Sebelum dan Sesudah Sholat

Umat islam mengerjakan sholat wajib lima kali dalam sehari. Yaitu sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isyak.

Saat sebelum mengerjakan sh0lat, Anda bisa membaca Al-Quran sebanyak satu lembar. Kemudian setelah selesai sholat wajib Anda melanjutkan lagi membaca Al-Quran sebanyak satu lembar.

Jika setiap sebelum dan sesudah sholat wajib Anda membaca Al-Quran masing-masing sebanyak satu lembar, maka dalam sehari Anda mampu membaca Al-Quran sebanyak 10 lembar.

Rata-rata satu juz Al-Quran terdiri dari 10 lembar. Hal ini berarti jika dalam sehari Anda mampu membaca 10 lembar, maka atas izin Allah Anda akan mampu khatam Al-Quran dalam waktu 30 hari atau sebulan.

Baca juga : Huruf Hijaiyah

3. Baca di Waktu Luang

Jika memang Anda tidak bisa membaca Al-Quran di waktu tertentu seperti sebelum sholat atau sesudah sholat, maka bacalah Al-Quran saat Anda memiliki waktu luang.

4. Gunakanlah Aplikasi Al-Quran

Karena semakin maujunya jaman, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Al-Quran. Jadi Anda tidak perlu membawa fisik Al-Quran, cukup install aplikasi Al-Quran tersebut ke handphone Anda.

Tidak ada salahnya untuk memasang aplikasi Al-Quran di ponsel tersebut. Dan bayak sekali aplikasi Al-Quran yang bisa Anda download melalui p-store.

Dengan aplikasi ini akan memudahkan Anda membaca Al-Quran kapan saja dan di mana saja.

Baca juga : Doa Iftitah

Demikian ulasan tentang doa khatam Al-Quran, makna dan keutamaan membaca Al-Quran bagi yang membacanya. Lakukanlah tips diatas agar Anda dapat mengkahtamkan Al-Quran dalam waktu satu bulan.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Buka Puasa

Wahyoeni
3 min read

Doa Akhir Tahun

Wahyoeni
6 min read

Doa Mendapat Musibah

Wahyoeni
5 min read

Doa Sesudah Wudhu

Wahyoeni
5 min read

Surat Ar Rahman

Wahyoeni
5 min read