Jadwal Sholat Atau Waktu Sholat Wajib

Simak ulasan tentang √ jadwal sholat wajib, √ jadwal waktu sholat hari ini dan bulan ini untuk kota-kota di Indonesia berikut.


Sholat Wajib

Sholat adalah ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh semua umat Islam tanpa terkecuali.

Jadwal-Sholat-Wajib

Ibadah satu ini merupakan rukun islam yang dianggap sebagai pondasi tegaknya agama Islam dalam diri muslimin. Tanpa mengerjakan sholat wajib, seseorang tidak dikatakan sebagai seorang muslim sejati.

Bahkan ketika seorang islam meninggalkan sholat wajib, dia telah melakukan salah satu dari 10 dosa besar yang dimurka oleh Allah dengan ganjaran neraka jahanam.

Ada lima sholat wajib yang harus dikerjakan setiap hari dan beberapa sholat sunnah yang bisa dijadikan amal ibadah tambahan.

Allah berfirman dalam surah An Nisa ayat 103 :

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Artinya :

“Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu (wajib) yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An Nisa ayat 103).

Sholat wajib sudah ditentukan waktunya bagi orang-orang yang beriman. Jadi diutamakan untuk mengerjakan sholat wajib tepat pada waktunya.

Supaya bisa melaksanakan kewajiban ini dengan tertib, seorang muslim harus mengetahui sebaik-baiknya setiap jadwal sholat.

Jadwal Sholat Wajib Sehari Semalam

Jadwal-Sholat-Fardhu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sholat wajib bagi umat islam ada 5 macam. Sholat ini harus dilaksanakan selama sehari semalam. Mulai pagi hari hingga malam hari.

Waktu-waktu sholat wajib itu adalah :

  1. Waktu sholat Subuh adalah pagi hari sekitar pukul 04:00 – 05:00
  2. Waktu sholat Dhuhur adalah siang hari sekitar pukul 12:00 – 13:00
  3. Waktu sholat Ashar adalah sore hari sekitar pukul 15:00 – 16:00
  4. Waktu sholat Maghrib adalah senja hari sekitar pukul 18:00 – 18:30
  5. Waktu sholat Isya adalah malam hari sekitar pukul 19:00 – 20:00

Sholat-sholat 5 waktu ini tidak boleh ditinggalkan tanpa alasan yang benar-benar penting. Bahkan ketika sakit namun masih mampu untuk bergerak, sholat tidak boleh dilewatkan. Sholat juga tidak bisa digantikan. Setiap muslim memiliki kewajiban sholat dan harus dia sendiri yang mengerjakannya.

Islam merupakan agama yang sangat mudah. Kewajiban sholat memang wajib namun masih ada kemudahan di sana. Setiap gerakan sholat sudah ada aturannya masing-masing.

Jika Anda tak mampu berdiri, Anda bisa melakukan sholat sambil duduk. Jika tak kuat duduk, sambil berbaring pun masih diperbolehkan.

Bahkan jika tak bisa bergerak sama sekali karena penyakit, Anda bisa membaca doanya di dalam hati saja. Ketika Anda bepergian jauh, sholat bisa dijamak atau diqashar. Banyak keringanan diberikan oleh Allah menyesuaikan dengan kondisi Anda.

Supaya bisa melaksanakan sholat dengan tepat waktu, seorang muslim harus mengetahui kapan saja waktu-waktu untuk mengerjakan shalat fardhu ini. Berikut ini akan dijelaskan secara terperinci tentang jadwal sholat wajib.

1. Sholat Subuh

Sholat Subuh merupakan sholat pembukaan dalam memulai hari. Sholat ini berjumlah dua rakaat. Beberapa umat muslim di Indonesia melaksanakan sholat subuh dengan penambahan bacaan Qunut. Hal ini berdasarkan Mazhab Imam Syafii yang menggunakan Qunut pada rakaat kedua.

Namun, tidak sedikit pula umat muslim yang tidak menggunakan bacaan Qunut. Hal ini merupakan keputusan dan pilihan dari masing-masing umat muslim.

Selama mereka mengikuti mazhab dari salah satu empat imam dan tidak menentang ajaran agama islam, bagaimana pun tata cara dan pelaksanaan sholat masih diperbolehkan.

Sholat Subuh dimulai di pagi hari ketika matahari belum terbit. Penandanya adalah meredupnya cahaya bintang karena munculnya matahari di ufuk timur. Sholat subuh sebaiknya mulai dilakukan ketika selesainya waktu sepertiga malam.

Waktu sholat subuh ini sekitar pukul 04:00 sampai 05:00 dini hari. Anda bisa memulainya dengan mengerjakan 2 rakaat sholat fajar terlebih dahulu.

Sholat Subuh merupakan salah satu dari dua sholat wajib yang utama. Sholat ini memiliki waktu yang cukup pendek. Karena ketika matahari sudah nampak di ufuk timur, waktu sholat subuh sudah habis.

Anda diharamkan melakukan sholat ketika matahari sedang terbit. Hal ini bertujuan supaya tidak dianggap menyembah matahari. Oleh sebab itu, jangan pernah sekali-kali menunda Sholat Subuh jika tidak ingin kesiangan.

Baca juga : Keutamaan Sholat Subuh

2. Sholat Dhuhur

Shalat Dhuhur disebut juga sholat tengah hari karena sholat ini dilaksanakan di siang hari. Sholat dhuhur terdiri dari 4 rakaat dalam 1 salam.

Sholat kedua dalam sholat sehari ini bisa mulai dilaksanakan ketika matahari sudah mulai tergelincir. Artinya matahari mulai condong ke arah barat setelah mencapai puncaknya. Batas akhir melaksanakan sholat Dhuhur adalah menjelang petang.

Di Indonesia, para pekerja umumnya melaksanakan sholat Dhuhur tepat pukul 12 siang atau bersamaan dengan waktu istirahat siang. Namun, sebagai umat muslim yang baik, Anda tetap harus mengetahui kapan waktu masuknya sholat Dhuhur dengan seksama.

Mengingat pola pergerakan bumi pada porosnya, tengah hari bergantung pada posisi matahari. Waktu Sholat Dhuhur terkadang jatuh pada pukul 11, namun tidak jarang pula dimulai pukul 12 siang lebih. Untuk lebih detailnya, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi penunjuk waktu dan jadwal sholat.

3. Sholat Ashar

Sholat Ashar adalah sholat ketiga dalam sehari yang terdiri dari 4 rakaat. Sholat yang satu ini dilakukan di sore hari menjelang terbenamnya matahari. Sholat Ashar dilaksanakan ketika panjang bayangan sebuah benda yang berdiri sama dengan tinggi bendanya.

Sederhananya, Sholat Ashar biasa dimulai kurang lebih pukul 15:00 sampai menjelang matahari terbenam. Sebaiknya, Sholat Ashar segera dilaksanakan sebelum matahari mulai menguning.

Sholat Ashar merupakan sholat yang paling utama dalam sehari. Sholat ini bisa dikatakan sebagai tonggak utama.

Mengapa sholat Ashar disebut paling utama?

Karena banyak umat muslim yang melalaikannya karena kesibukan duniawi. Mengakhirkan pelaksanaan Sholat Ashar adalah hal yang dimurkai Allah. Sangat disarankan untuk segera menunaikan sholat ketika sudah masuk waktunya.

Sholat Ashar seperti halnya Sholat Subuh. Anda dilarang Sholat ketika matahari sedang terbenam. Waktu ini masuk di dalam waktu-waktu yang dilarang untuk sholat.

Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan dengan seksama sisa waktu untuk Shalat Ashar. Jangan sampai ketinggalan apalagi bablas tidak melaksanakannya.

4. Sholat Maghrib

Sholat keempat dalam sehari ini paling mudah ditandai. Adzan berkumandang serentak baik di lingkungan sekitar ataupun di media elektronik seperti televisi dan radio. Sholat Maghrib dilaksanakan sebanyak 3 rakaat. Banyak orang melaksanakan sholat berjamaah di waktu ini.

Sholat Maghrib dilaksanakan ketika matahari sudah tenggelam. Waktu Sholatnya dimulai ketika matahari baru saja terbenam hingga menghilangnya semburat merah di langit sebelah barat.

Sholat Maghrib juga terbilang Sholat yang singkat. Waktunya tidak lebih banyak dari 90 menit. Jadi, bagi Anda yang berkewajiban sholat, segera tunaikanlah ketika adzan berkumandang.

5. Sholat Isya

Sholat terakhir dalam satu hari ini dilaksanakan dalam 4 rakaat. Sholat ini memiliki waktu yang cukup panjang. Dimulai dari menghilangnya semburat merah di ufuk barat, Sholat Isya sudah bisa dimulai dan berakhir menjelang terbitnya matahari keesokan paginya.

Meskipun sholat Isya memiliki waktu yang cukup panjang, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk tidak menundanya. Nabi bersabda bahwa Sholat Isya sebaiknya dilakukan sebelum tidur supaya tidak terlewatkan atau kebablasan.

Sebuah Hadist menyebutkan bahwa Sholat Isya dan Sholat Subuh memiliki keutamaan tersendiri. Yaitu ketika kedua Sholat ini dilaksanakan secara berjamaah, orang tersebut akan mendapatkan pahala seperti sholat sepanjang malam. Memang cukup susah sekali melaksanakan sholat subuh berjamaah, namun pahalanya sangat menjanjikan.

Sholat Isya merupakan sholat yang cukup penting. Sholat ini menjadi penanda orang iman dan orang munafik. Orang munafik melaksanakan sholat Maghrib di masjid untuk mencari perhatian dan menunjukkan keimanannya.

Namun ketika tiba sholat Isya dan Subuh, dia melalaikannya. Hal ini karena kedua sholat tersebut dilakukan di rumah sehingga tidak banyak orang lain yang tahu dia sudah menunaikannya atau belum.

Simak dan baca : Doa Setelah Sholat

Penentuan Jadwal Waktu Sholat

Waktu-Sholat-Wajib

Penetapan jadwal waktu sholat yaitu dari pergerakan matahari yang dilihat dari bumi.

Pada zaman dahulu, kaum muslimin melihat waktu masuknya sholat dengan melihat posisi matahari dan pengamatan terhadap alam. Mereka juga menggunakan tongkat atau batu untuk dilihat bayangannya sebagai patokan masuknya waktu sholat.

Pada zaman itu banyak dibuta jam Matahari atau jam Istiwa atau sering disebut “Tongkat Istiwa” dengan kaidah bayangan matahari.

Namun sekarang ini dengan berkembangnya ilmu pengetahuan jadwal sholat wajib dapat dibuat lebih praktis dengan berbagai aplikasi jadwal sholat yang dapat membuat tepat waktunya sholat fardhu.

Bahkan di masjid-masjid sudah terpasang jam digital yang terdapat jadwal sholat yang dapat memberikan alarm atau tanda kalau waktu sholat sudah tiba. Bahkan bisa diset ketika waktu sholat sudah tiba maka akan berkumandang adzan secara otomatis.

Bagi pengguna handphone android, bisa mendownload aplikasi jadwal sholat dari playstore untuk diinstall di handphone-nya. Jadi dari manapun dan kapanpun dapat mengetahui jadwal sholat fardhu walau keadaan sedang mendung sekalipun.

Dengan adanya jadwal sholat fardhu yang terinstall di handphone, maka akan mempermudah Anda untuk mengerjakan sholat tepat pada waktunya.

Jadwal Sholat Hari Ini

Yang tercantum diatas adalah jadwal sholat Semarang untuk hari ini.

Anda bisa juga memilih jadwal sholat hari ini sesuai dengan kota Anda saat ini dengan memilih kota sesuai dengan yang Anda inginkan.

Misalnya jadwal sholat Surabaya, Jadwal sholat Bandung atau Jadwal sholat Jakarta hari ini hanya dengan memililih nama kota pada kolom yang disediakan.

Jadwal Sholat Bulan Ini

Yang tercantum diatas adalah jadwal sholat Semarang untuk satu bulan ini. Anda bisa juga memilih jadwal sholat sesuai dengan kota Anda saat ini dengan memilih kota sesuai dengan yang Anda inginkan. Jadwal diatas diambil dari jadwalsholat.org.

Simak dan baca : Keajaiban Waktu Sholat Wajib

Demikian ulasan tentang jadwal sholat lima waktu yang akan berbeda untuk tiap detik di hari berikutnya. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu menghafalkan pukul berapa tepatnya waktu sholat mulai masuk. Anda cukup mengerti dan memahami bagaimana cara membaca kondisi alam.

Loading...

Sholat Taubat

Wahyoeni
6 min read

Shalat Sunah

Wahyoeni
5 min read

Khutbah Jumat

Wahyoeni
7 min read

Sholat Jenazah

Wahyoeni
8 min read

Doa Sholat Dhuha

Wahyoeni
3 min read

Doa shalat Istikharah

Wahyoeni
6 min read