Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Surat Ar Rahman

Simak ulasan tentang √ surat Ar-Rahman dalam bacaan arab, latin, arti, keutamaan dan √  waktu terbaik membaca surat Ar-Rahman berikut.


Surat Ar Rahman

Surat Ar Rahman adalah surat yang cukup populer di kalangan umat islam. Ar Rahman sendiri memiliki arti Allah Maha Pengasih.

Surat-Ar-Rahman

Surat Ar Rahman termasuk dalam surat Makkiyah, yaitu surat yang diturunkan di Mekah. Surat ini memiliki 78 ayat dan merupakan surat yang turun dengan urutan ke 55.

Dalam surat ini dijelaskan tentang beragam aspek kehidupan. Allah menciptakan segala sesuatunya secara berpasangan. Allah menciptakan manusia yang nampak, dan menciptakan jin yang ghaib.

Allah menciptakan langit juga bumi. Allah menciptakan kebahagiaan juga ketertindasan. Allah menciptakan daratan juga menciptakan lautan.

Semua diciptakan dengan berpasang-pasangan oleh Yang Maha Kuasa. Ar Rahman merupakan satu-satunya surat yang dimulai dengan nama Allah, Illahi Rabbi.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang surat Ar Rahman dalam bacaan arab, latin, arti dan keutamaannya. Silahkan simak ulasannya berikut.

Untuk Siapa Surat Ar Rahman?

Bacaan-Surat-Ar-Rahman
Bacaan Surat Ar-Rahman ayat 1 sampai ayat 18

Surat Ar-Rahman memiliki banyak sekali fadilah yang dapat dipetik oleh setiap manusia yang membacanya. Surat ini dikenal sebagai Arus Qur’an atau Pengantin Al-Quran.

Hal tersebut sesuai dengan Hadis Nabi Muhammad SAW. Beliau bersabda bahwa setiap sesuatu yang ada di dunia memiliki pengantin. Pengantinnya Al-Quran Karim adalah Ar Rahman.

Mengapa surat ini disebut sebagai pengantinnya Al-Quran?

Hal tersebut dikarenakan bahasa yang indah yang ada di dalam surat ini. Terdapat beberapa pengulangan dari ayat “Fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban”.

Pengulangan ayat ini sampai 31 kali.

فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Artinya :

“Nikmat Tuhan Mana yang kamu dustakan”.

Pengulangan ini diibaratkan sebagai hiasan-hiasan indah yang dipakai oleh para pengantin.

Ditujukan kepada siapakah kalimat tersebut hingg diulang sampai 31 kali?

Kalimat tersebut ditujukan kepada manusia dan jin. Kata Rabbikuma (رَبِّكُمَا) yang artinya “Tuhan kamu berdua”.

Pengulangan-pengulangan ini tidak ditemui di dalam surat-surat lainnya yang populer seperti surat al Kahfi dan surat Yasin.

Pada surat Ar Rahman menyertakan jin sebagai obyek firman Allah yang berbeda dengan banyak surat lainnya. Jin dan manusia diingatkan bahwa banyak sekali nikmat Allah yang dilimpahkan kepada mereka.

Surat ar Rahman memiliki keistimewaan dan beberapa pokok bahasan yang penting yang bisa diambil hikmahnya dan dipelajari sebagai pengetahuan tambahan.

Berikut pokok bahasan penting dalam surat Ar-Rahman:

  • Asmaul Husna (Ar-Rahman) yaitu Maha Pemurah-nya Allah
  • Awal diciptakannya manusia
  • Kefanaan semua yang ada di alam semesta
  • Kekekalan Allah
  • Balasan yang baik untuk perbuatan yang baik
  • Dan masih banyak lagi pembahasan yang lainnya

Baca juga : Kalimat Bismillah

Keutamaan Surat Ar Rahman

Keutamaan-Surat-Ar-Rahman

Surat Ar Rahman memiliki banyak keutamaan bagi yang membaca dan mengamalkannya.

Berikut beberapa keutamaan membaca Surat Ar Rahman:

1. Mengingatkan tentang Nikmat Allah

Allah, penguasa langit dan bumi telah memberikan beribu nikmat kepada setiap Mahluk. Semua yang ada di langit dan bumi, daratan, lautan, gunung, sungai, tumbuhan, hewan, semuanya adalah ciptaan Allah yang begitu melimpah.

Semua diciptakan oleh Allah dengan begitu indah dan mempesona. Surat Ar Rahman mengingatkan kepada kita akan kebesaran dan nikmat yang diberikan oleh Allah.

Allah memberikan nikmat kepada semua mahluk baik jin dan manusia. Oleh karena itu, manusia diwajibkan bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Illahi Rabbi.

Bentuk rasa syukur bisa dilakukan dengan melakukan ibadah dengan sungguh-sungguh. Melakukan ibadah sholat dengan bacaan sholat yang benar dan bersungguh-sungguh.

Melakukan ibadah puasa, ibadah zakat dan ibadah-ibadah lainnya yang diperintahkan-Nya dan menjauhi segala laranga-Nya. Senantiasa bersyukur dalam setiap keadaan. Serta bisa merasakan nikmatnya melakukan ibadah kepada Allah SWT.

2. Mengingatkan bahwa Dzat Pencipta Alam Semesta Maha Pengasih

Surat Ar Rahman juga mengingatkan kepada seluruh mahluk bahwa Allah, Tuhan semesta alam merupakan Tuhan Yang Maha Pengasih.

Allah tidak pernah lupa untuk memenuhi kebutuhan setiap mahluknya. Meskipun mahluk Allah ingkar dan sering lupa kepada Allah, namun Allah tetap memberikannya rezeki untuk bisa hidup.

Dalam memberikan rizki kepada mahluknya, Allah tidak pernah membeda-bedakan. Sebelum alam semesta diciptakan bahkan Allah telah menetapkan kadar rizki yang akan diberikan kepada mahluknya.

Semua rezeki untuk manusia baik yang kafir maupun yang beriman telah ditetapkan oleh Allah. Jadi jangan takut kalau Anda tidak mendapatkan rezeki dari-Nya.

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi

3. Mengingatkan ada mahluk lain yang beribadah kepada Allah, yaitu jin

Di alam semesta ini, Allah menciptakan manusia dan jin untuk hidup berdampingan dengan tidak menganggu satu sama lain.

Meskipun hidup di dua alam yang berbeda, baik jin dan manusia diwajibkan untuk beribadah dan menyembah Allah. Jin juga memiliki Rasulullah SAW sebagai Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah.

Dalam Surat Ar Rahman , dijelaskan bahwa ada kerajaan jin dan alam-alam lain yang memang tidak nampak oleh mata manusia. Layaknya bangsa manusia, bangsa jin juga ada yang patuh dan ingkar kepada Allah.

4. Matinya orang dengan membaca Ar Rahman adalah Syahid

Setiap muslim yang hidup di dunia ini pasti mendambakan sebuah kematian yang indah. Kematian dikatakan sebagai salah satu proses yang menyakitkan. Bahkan, Nabi Muhammad SAW juga menitikkan air mata ketika nyawanya dicabut dari raganya. Padahal, malaikat mencabut nyawa beliau dengan selembut-lembutnya.

Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa yang membaca Ar Rahman pada ayat “Fabi ayyi aala’i Rabbikuma Tukadziban” dan kemudian ia meninggal.

Maka sesungguhnya ia telah meninggal di dalam keadaan syahid atau meninggal husnus khotimah. Sungguh, beruntung sekali orang yang meninggal syahid. Allah telah menjanjikan surga untuknya.

Baca juga : Inna Lillahi Wa inna Illaihi Rajiun

5. Meningatkan manusia agar tidak mengkufuri nikmat Allah

Surat Ar Rahman mengingatkan manusia agar tidak kufur terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah. Semua nikmat dan jenis rezeki datangnya dari Allah.

Rezeki yang kecil dan besar juga menjadi ujian bagi manusia. Jika mendapatkan rezeki yang besar, manusia harus pandai bersyukur dan tidak menyombongkannya.

Mahluk merupakan sesuatu yang sering ingkar dan lupa kepada Allah. Banyak dari kalangan jin dan manusia yang selalu lalai terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Dengan membaca surat ini, maka manusia akan lebih bersyukur dan tidak kufur terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

6. Mendapatkan syafaat di hari kiamat

Siapa yang ingin mendapatkan syafaat di hari kiamat?

Maka rajin-rajinlah membaca surat Ar Rahman. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. Beliau bersabda, bahwa manusia yang tidak meninggalkan surat ini akan menjumpai Allah di hari kiamat.

Wujud Allah diibaratkan seperti manusia dalam rupa yang paling indah, paling harum, dan tidak akan ada manusia yang sedekat dengan Allah kecuali manusia yang mencintai-Nya. Bentuk kecintaan terhadap Allah bisa dilakukan dengan rajin membaca dan mengamalkan surat ini.

7. Mengingatkan manusia agar senantiasa memuji Allah

Allah merupakan Dzat yang wajib disembah dan dipuji. Begitu besar keagungan Allah. Dia Maha Pemurah dan Maha Pengasih kepada setiap hambanya.

Siapa yang berusaha berserah diri kepada Allah dan dengan sepenuh hati membaca Ar Rahman, maka nikmatnya akan ditambah.

Demikian beberapa keistimewaan dari Surat Ar Rahman yang bisa menjadi ilmu untuk Anda. Maka, sudah sewajibnya kita mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Surat Al-Fatihah

Waktu Terbaik Membaca Surat Ar Rahman

Waktu-Terbaik-Membaca-Surat-Ar-Rahman

Al-Quran bisa dibaca kapan saja dan dimana saja. Jika Anda bertanya kapan terbaik untuk membaca dan mengamalkan Surat Ar Rahman, maka sebenarnya memang tidak ada waktu khusus yang dianjurkan untuk membacanya.

Namun surat ini bisa dibaca setelah selesai sholat atau di waktu-waktu luang yang Anda miliki.

Hal terpenting dalam membaca surat ini adalah pada waktu yang istiqomah. Anda bisa membacanya selepas waktu shubuh atau setelah menunaikan ibadah sholat Dhuha.

Biasakanlah untuk membaca dengan istiqomah selama 7 hari. Jika Anda sudah bisa istiqomah dalam waktu 7 hari, Anda bisa menambah durasinya hingga 40 hari.

Jika 40 hari Anda sudah bisa istiqomah membaca Ar Rahman, Anda bisa meneruskannya hingga 100 hari, kemudian 1 tahun dan seterusnya.

Diharapkan membaca surat ini dengan terus menerus tanpa putus, sehingga Anda semakin tau nikmat dan kebesaran Allah, Tuhan Pencipta Alam semesta.

Download Mp3 Surat Ar Rahman

Anda dapat mengunduh atau men-download surat Ar Rahman dari para Qori berikut.

Download Mp3 Surat Ar Rahman sesuai Nama Pembacanya
Link Download
Download MP3 Bacaan Surat Ar Rahman (Hani Ar Rifa’i)Link Download
Download MP3 Tilawah Surat Ar Rahman (Zaki Daghistani)Link Download
Download MP3 Murrotal Surat Ar Rahman (Abdurrahman As Sudais)Link Download
Download MP3 Surat Ar Rahman (Salah Bukhatir)Link Download
Download Mp3 Surat Ar Rahman Merdu (Muhammad Ayub)Link Download
Download MP3 Bacaan Surat Ar Rahman (Mahmood Ali Albana)Link Download
Download MP3 Tilawah Surat Ar Rahman (Abu Bakar As Syathiri)Link Download
Download Audio Surat Ar Rahman (Ahmad Ali Al Ajmi)Link Download
Download MP3 Surat Ar Rahman (Yasser Al Dosari)Link Download
Download Bacaan MP3 Surat Ar Rahman (Abdullah Ali Basfar)Link Download
Download MP3 Surat Ar Rahman (Abdullah Al Mathrud)Link Download
Download MP3 Surat Ar Rahman (Abdul Kareem Al Hazmi)Link Download
Download MP3 Bacaan Surat Ar Rahman (Aziz Alili)Link Download
Download MP3 Surat Ar Rahman (Maher Al Mu’aiqly)Link Download
Download MP3 surat Ar Rahman (Saad Al Ghamidi)Link Download

Jika Anda sudah terbiasa membaca surat ini, maka insha Allah akan mendapatkan keajaiban-keajaiban dalam hidup. Biasakanlah untuk membaca Ar Rahman dalam keadaan sedih maupun susah.

Biasakanlah membaca surat ini agar Anda terus bisa mensyukuri nikmat dan rezeki yang diberikan oleh Allah Azza Wajala. Semoga kita menjadi hamba yang senantiasa patuh kepada Allah.

Baca juga : Waktu Mustajab untuk Berdoa

Demikian ulasan tentang keutamaan surat Ar Rahman yang sangat luar biasa. Dekatkan diri Anda kepada Allah dengan mengamalkan Surat Ar Rahman .

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Ketika Turun Hujan

Wahyoeni
7 min read

Doa Untuk Orang Tua

Wahyoeni
6 min read

Doa Sapu Jagat

Wahyoeni
4 min read

Doa Pelipur Lara

Wahyoeni
4 min read

Bacaan Tahiyat Akhir

Wahyoeni
5 min read