Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Sholawat Nariyah

Simak tentang √ bacaan sholawat nabi arab, latin, artinya dan √ sholawat nariyah serta √ keutamaan membaca sholawat nariyah berikut.


Sholawat Nabi

Bersholawat atas nabi Muhammad adalah bentuk cinta kita sebagai umat beliau yang selalu memujinya.

Sholawat-Nabi

Terdapat berbagai macam sholawat yang diajarkan dalam islam. Ada sholawat nabi, sholawat nabi muhammad dan nabi ibrahim dan ada juga sholawat nariyah.

Sholawat ini cukup dikenal bahkan populer di kalangan umat islam. Membaca sholawat pada hakikatnya akan mendatangkan rahmat dari Allah kepada hambanya.

Sholawat diucapkan untuk memuji Nabi Muhammad sekaligus menjadi sebuah doa kepada Allah. Membaca sholawat dengan sesering mungkin akan membantu setiap hamba untuk lebih dekat dan senantiasa mengingat akan Allah dan kebesarannya.

Segala bentuk sholawat yang dilantunkan oleh umat islam akan membuatnya dicintai oleh Nabi Muhammad. Sholawat ini memiliki definisi tersendiri baik menurut bahasa atau menurut istilah. Sholawat memiliki arti doa.

Ketika Anda melakukan sholawat atas nabi Muhammad, maka artinya Anda sedang berdoa untuk memohon kepada Allah. Orang yang rajin bersholawat akan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad kelak di hari kiamat.

Menurut istilah, sholawat memiliki arti pujian kepada Nabi Muhammad. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran Surat Al Ahzab ayat 56.

Allah berfirman dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat 56 :

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya :

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab ayat 56).

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Allah dan malaikatnya bersholawat untuk Nabi. Allah memerintahkan kepada umat islam untuk senantiasa mengucapkan sholawat kepada nabi sebagai bentuk salam penghormatan.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang beberapa bacaan sholawat nabi dan sholawat nariyah serta keutamaan membaca sholawat nariyah berikut.

Bacaan Sholawat

Bacaan sholawat nabi adalah bacaan yang ditujukan untuk junjungan kita Nabi Muhammad. Simak beberapa bacaan sholawat nabi dan sholawat nariyah berikut.

1. Bacaan Sholawat Nabi Singkat

Sholawat-Nabi-Singkat

Bacaan Sholawat Nabi Singkat Arab

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

Bacaan Sholawat Nabi Singkat Latin

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.”

Arti Bacaan Sholawat Singkat Nabi

“Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.”

2. Bacaan Sholawat Nabi Muhammad

Bacaan sholawat nabi Muhammad ini sering dibaca sebagai doa setelah sholat wajib.

Bacaan-Sholawat-Nabi

Bacaan Sholawat Nabi Arab

اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ

Bacaan Sholawat Nabi Latin

“Allohumma solli wasallam ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad. Sholatan tunjiina bihaa min jamii’il ahwaali wal afti. Wataqdhii lanabiha jamii’al khajaati.”

“Wa tuthoharunaa bihaa min jamii’ issaiya’ati.  Watar fa’unaa bihaa ‘indaka a’laddaro jaati. Wa tuballagunaa biha akhshol ghoyaati min jamii’il khoirooti fiil khayati waba’dil mamaati innahu samii’u khoriibu mujiibuudda ‘awaati wayaa khoodziyal haajati”

Arti Bacaan Sholawat Nabi

“Ya Allah, limpahkanlah rakhmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rakhmat yang bisa menyelamatkan kami dari semua ketakutan dan penyakit, yang bisa memenuhi semua kebutuhan kami.”

“Yang bisa mensucikan diri kami dari semua keburukan, yang bisa meninggikan derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan bisa mengantarkan kami kepada tujuan maksimal dari semua kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati.”

“Sesunggunya Allah Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan semua doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi semua kebutuhan Hamba-Nya.”

Simak dan baca : Bacaan Al Fatihah

3. Bacaan Sholawat Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim

Bacaan sholawat nabi ini untuk junjungan kita Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim. Bacaan sholawat ini menjadi bacaan dalam tahiyat akhir pada bacaan sholat.

Sholawat Nabi

Bacaan Sholawat Nabi Arab

للَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Bacaan Sholawat Nabi Latin

“Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid”.

Arti Bacaan Sholawat Nabi

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim.”

“Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung.”

Baca juga : Doa Agar Segera Hamil

4. Bacaan Sholawat Nariyah

Banyak yang bertanya mengenai asal usul dari sholawat nariyah ini. Sholawat ini disusun oleh ulama bernama Syekh Nariyah. Beliau menciptakan sholawat ini sebagai salah satu bentuk pujian kepada Allah.

Ada beberapa pihak yang mengasingkan sholawat ini. Namun tetap saja, sholawat ini diperbolehkan dibaca karena tujuan utamanya adalah untuk memuji Allah.

Berikut bacaan sholawat Nariyah.
Sholawat-Nariyah-Arab

Bacaan Sholawat Nariyah Arab

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Bacaan Sholawat Nariyah Latin

“Allahumma shollì sholaatan kaamìlatan Wa sallìm salaaman taaman ‘ala sayyìdìnaa Muhammadìn Alladzì tanhallu bìhìl ‘uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu.”

“Wa tuqdhaa bìhìl hawaa’ìju Wa tunaalu bìhìr raghaa’ìbu wa husnul khawaatìmì wa yustasqal ghomaamu bì wajhìhìl karììmì, wa ‘alaa aalìhì, wa shahbìhì ‘adada kullì ma’luumìn laka.”

Arti Bacaan Sholawat Nariyah

“Ya Allah, berikanlah sholawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada junjunganku Baginda Nabi Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan.”

“Dan dengannya juga ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, serta memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, juga kepada keluarganya, para shahabatnya, dengan seluruh ilmu yang Engkau miliki.”

Simak dan baca : Bacaan Ayat Kursi

Keutamaan Membaca Sholawat

Keutamaan-Sholawat

Membaca sholawat nariyah memiliki banyak keutamaan bagi umat islam. Jenis sholawat paling banyak dihafal ini biasanya dilantunkan dalam berbagai kegiatan sehari-hari.

Kegiatan-kegiatan itu seperti ketika pengajian bersama, berdoa bersama, pada syukuran kelahiran bayi, atau bahkan syukuran pengantin baru.

Berikut beberapa keutamaan sholawat nariyah.

1. Dimudahkan Urusannya

Siapa saja yang rajin bersholawat dalam jumlah 31 kali selepas sholat subuh, maka akan dimudahkan baginya urusannya.

Urusan, usaha, dan segala hal baik yang direncanakannya akan dimudahkan oleh Allah. Jadi, jangan lupa untuk membaca sholawat ini selepas menunaikan ibadah sholat Subuh.

Rasulullah juga bersabda bahwa siapa saja yang mengamalkan bacaan sholawat nariyah ini akan memiliki keutamaan yang sangat besar.

Ia akan dipermudahkan jalannya dan dikabulkan hajat yang diinginkannya. Begitu cintanya nabi Muhammad kepada umatnya. Begitu juga sebaliknya, kita sebagai umatnya yang mencintai Rasulullah, mari kita perbanyak bersholawat atasnya.

2. Dikabulkan Keinginannya

Setiap manusia pasti memiliki harapan agar doanya segera dikabulkan oleh Rabbnya. Agar hajat yang diinginkan terkabul, maka manusia wajib bekerja dan berusaha. Semua harus dilakukan dengan tulus dan ikhlas sehingga Allah pun akan mempermudah jalannya.

Melantunkan sholawat nariyah dengan ikhlas akan membantu Anda agar dipermudah untuk dikabulkan hajatnya.

Jika sholawat ini dibaca bersama-sama dalam suatu majelis sebanyak 300 kali, maka diyakini hajat yang diinginkan akan dikabulkan oleh Allah.

كُلُّ دُعَاءٍ يُدْعَى اللَّهُ عَزَّ وَ جَلَّ بِهِ مَحْجُوبٌ عَنِ السَّمَاءِ حَتَّى يُصَلَّى عَلَى مُحَمَّدٍ

Artinya :

“Semua doa itu terhalang, sampai dibacakan sholawat untuk Nabi Muhammad”

Sholawat ini juga disebutkan sebagai sholawat paling mustajab agar sebuah doa diijabahi oleh Allah. Dalam hadis disebutkan bahwa sholawat bisa melepaskan seseorang dari kesempitan. Maka, perbanyaklah sholawat dan kebaikan akan datang kepada Anda.

3. Dimudahkan Rezekinya

Allah telah memberikan rezeki kepada masing-masing hamba-Nya dengan seadil-adilnya. Allah tidak pernah lalai untuk memberikan rezeki, bahkan untuk hamba yang ingkar kepada Allah.

Setiap manusia wajib berusaha untuk memperoleh dan menyambut rezeki dari Allah. Karena salah satu jenis rejeki adalah dari usaha dan berdoa.

Dengan berusaha dan berdoa, maka Allah akan memberikan dan melimpahkan rezeki untuk hamba-Nya.

Anda bisa menyertainya dengan membaca sholawat nariyah agar semakin dimudahkan jalan rezekinya. Membaca sholawat ini sebanyak 11 kali dipercaya akan mempermudah rezeki dan menjauhkan dari kesukaran.

Membaca sholawat ini juga bisa menjadi penghantar doa Anda untuk meminta rezeki kepada Allah SWT.

Agar lebih afdol, Anda bisa membaca sholawat ini sebanyak 11 kali setiap setelah mengerjakan sholat fardhu. Insha Allah, Allah akan membukakan jalan rezeki utuk Anda.

4. Diangkat Kedudukannya oleh Allah

Keutamaan sholawat nariyah lainnya adalah agar derajatnya ditinggikan oleh Allah. Anda bisa membaca sholawat ini pada setiap harinya.

Jika Anda rutin membacanya 1 kali dalam sehari, maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali lipat.

Dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطَيَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya :

“Barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali sholawat, dihapuskan darinya 10 kesalahan, dan ditinggikan baginya 10 derajat.” (HR. An-Nasa’i).

Orang yang rajin membaca sholawat akan disenangi Allah dan disenangi oleh orang lain. Dengan begitu, maka Allah tidak segan-segan akan mengangkat kedudukannya, memudahkan rezekinya, serta menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit.

Begitu istimewanya sholawat ini sehingga sebagai umat islam kita bisa senantiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Simak dan baca : Bacaan Surat Yasin

Lalu, kapan waktu terbaik untuk membaca sholawat ini?

Silahkan simak ulasan dibawah ini tentang waktu terbaik membaca sholawat nariyah ini.

Waktu Terbaik Membaca Sholawat

Waktu-Terbaik-Bersholawat

Sebenarnya, tidak ada aturan tentang waktu yang tepat untuk bersholawat. Semua waktu adalah baik untuk mengucapkan sholawat nariyah sebagai bentuk penghormatan kepada Rasulullah.

Namun, ada beberapa waktu tertentu yang dianggap sebagai waktu terbaik bersholawat berikut.

1. Hari Jumat

Pada hari jumat disunahkan untuk memperbanyak bacaan sholawat. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah berikut.

Rasulullah bersabda :

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Artinya :

“Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap hari Jumat. Barangsiapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi).

Dari hadist diatas dijelaskan bahwa hari yang paling mulia adalah hari Jumat. Maka, beliau juga memerintahkan kepada umatnya untuk memperbanyak sholawat di hari tersebut.

2. Pagi dan Sore Hari

Pada waktu pagi hari semua umat muslim dianjurkan untuk membaca doa pagi hari. Doa ini sebagai rasa syukur atas dibangunkannya kita untuk menikmati hari ini.

Ketika sore hari, umat islam juga dianjurkan untuk membaca doa sore hari. Doa ini sebagai rasa syukur dan permohonan ampun atas dosa-dosa yang dilakukan di hari ini.

Dalam kedua doa pagi dan sore hari ini, dianjurkan untuk membaca sholawat atas Nabi Muhammad. Bacaan sholawat bisa dilantunkan minimal 10 kali.

Dari Abu Ad-Darda RA, bahwa Rasulullah bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ حِينَ يُصْبِحُ عَشْرًا وَحِينَ يُمْسِي عَشْرًا أَدْرَكَتْهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya :

“Barangsiapa yang bersholawat kepadaku di pagi hari 10 kali dan di sore hari 10 kali, maka dia akan mendapatkan syafaatku pada hari kiamat.” (HR. at-Tabrani).

Dari hadist diatas dijelaskan bahwa siapa saja yang membaca sholawat di pagi waktu subuh dan sore hari 10 kali, maka beliau akan memberikan syafaatnya kelak di hari kiamat.

3. Pada Sebuah Majelis

Ketika Anda berkumpul dengan banyak orang di suatu majelis, maka selingilah dengan membaca sholawat nariyah dan doa kafaratul majelis.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah bahwa jika suatu kaum sedang duduk bersama dan tidak mengingat Allah serta tidak bersholawat, maka mereka adalah orang-orang yang menyesal.

Dari bu Hurairah Ra, bahwa Rasulullah bersabda :

مَا جَلَسَ قَوْمٌ مَجْلِسًا لَمْ يَذْكُرُوا اللَّهَ فِيهِ، وَلَمْ يُصَلُّوا عَلَى نَبِيِّهِمْ، إِلَّا كَانَ عَلَيْهِمْ تِرَةً، فَإِنْ شَاءَ عَذَّبَهُمْ وَإِنْ شَاءَ غَفَرَ لَهُمْ

Artinya :

“Tidaklah suatu kaum yang duduk-duduk di suatu majelis di mana mereka tidak berdzikir kepada Allah dan tidak bersholawat kepada Nabi di dalam majelis itu maka akan menjadi penyesalan bagi mereka. Bila Allah mau maka akan menyiksa mereka, dan bila Allah mau maka akan mengampuni mereka.” (Sirajudin Al-Husaini).

Di sisi lain, senantiasa bersholawat di sebuah majelis akan menghindarkan sekumpulan orang untuk memperbincangkan sesuatu ya buruk dan dimurkai oleh Allah.

4. Ketika Berada di Makam Rasulullah

Jika Anda berkesempatan untuk ziarah di makam Rasulullah, maka sempatkanlah untuk bersholawat atasnya. Karena sholawat ini sebagai pujian dan junjungan kepada beliau.

5. Ketika Mendengar Nama Rasulullah

Ketika Anda mendengar nama Rasulullah atau mendengar gelar beliau, maka dianjurkan untuk membaca sholawat.

Bacaan sholawat untuk menjawab ketika mendengar nama Nabi Muhammad disebut adalah :

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya :

“Semoga sholawat dan salam dari Allah atasnya (Rasulullah)”

Atau bisa juga dengan menjawabnya dengan kalimat sholawat ini :

اَللَْهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ

Artinya :

“Ya Allah limpahkanlah sholawat kepadanya”

Hal tersebut sesuai dengan Hadis Riwayat Turmudzi. Beliau bersabda bahwa orang-orang yang mendengar nama Rasulullah dan tidak bersholawat untuknya, maka mereka termasuk dalam orang-orang yang celaka.

Simak dan baca juga : Doa Sayyidul Istighfar

Demikian ulasan tentang keutamaan sholawat nariyah dan waktu terbaik untuk bersholawat. Sholawat merupakan bentuk cinta dan kasih kepada Rasulullah. Rasulullah adalah panutan terbaik bagi umat islam. Beliau bahkan akan memberikan syafaatnya kelak di hari akhir untuk umatnya yang rajin bershalawat kepadanya. Maka, perbanyaklah melantunkan sholawat nariyah dengan ikhlas mulai dari sekarang.

Wahyoeni ✓ Seorang Muslimah yang gemar ✓ Menulis dan ✓ Kuliner. Senang mencoba dan berbagi suatu pengalaman baru ❤.

Doa Buka Puasa

Wahyoeni
3 min read

Doa Akhir Tahun

Wahyoeni
6 min read

Doa Mendapat Musibah

Wahyoeni
5 min read

Doa Sesudah Wudhu

Wahyoeni
5 min read

Surat Ar Rahman

Wahyoeni
5 min read