Sholat Taubat

Simak ulasan tentang √ doa sholat taubat, √ niat sholat taubat, √ tata cara sholat taubat dan √ manfaat sholat taubat pada artikel berikut.


Arti Taubat

Secara bahasa, taubat artinya kembali. Sementara secara istilah, taubat berarti kembali kepada Syariat Allah SWT.

Kembali kepada Allah SWT bisa dilakukan dengan mengakui semua kesalahan dan menyesal sedalam-dalamnya, diikuti dengan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang pernah dilakukannya.

Sholat-Taubat

Dengan mengakui kesalahan dan beraubat secara sungguh-sungguh, maka ini adalah tindakan terbaik manusia yang berdosa, maka niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya.

Sesuai dengan firman Allah dalam Al Quran Surah Al Taubah ayat 74, yaitu :

فَاِنۡ یَّتُوۡبُوۡا یَکُ خَیۡرًا لَّہُمۡ ۚ وَ اِنۡ یَّتَوَلَّوۡا یُعَذِّبۡہُمُ اللّٰہُ عَذَابًا اَلِیۡمًا ۙ فِی الدُّنۡیَا وَ الۡاٰخِرَۃِ ۚ وَ مَا لَہُمۡ فِی الۡاَرۡضِ مِنۡ وَّلِیٍّ وَّ لَا نَصِیۡرٍ

Artinya :

“Maka jika mereka bertaubat, itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan memberi azab kepada mereka dengan azab yang pedih di dunia dan akhirat. Dan mereka tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula) ada penolong di bumi.” (QS. At Taubah ayat 74).

Allah benar-benar menyukai orang-orang islam yang bertaubat dan menghindari perbuatan-perbuatan dosa.

Sesungguhnya, orang-orang yang beriman adalah orang-orang yang menyadari ketika berbuat salah dan meminta ampunan kepada Allah.

Allah berfirman dalam Al Quran surah An Nuur ayat 31 :

وَ تُوۡبُوۡۤا اِلَی اللّٰہِ جَمِیۡعًا اَیُّہَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّکُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ

Artinya :

“Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.”

Sebaik-baiknya seorang manusia adalah manusia yang tidak pernah melakukan salah dan dosa.

Namun jika seorang manusia melakukan salah, orang tersebut sebaiknya mengakui semua kesalahan dan bertaubat kepada Allah atas kesalahan yang dilakukannya.

Rasulullah bersabda :

إِنَّ اللهَ يَبْسُطُ يَدَهُ بِاللَّيْلِ لِيَتُوْبَ مُسِيْءُ النَّهَارِ ، وَبِالنَّهَارِ لِيَتُوْبَ مُسِيْءُ اللَّيْلِ

Artinya :

“Sungguh, Allah meluaskan tangan-Nya pada malam hari untuk menerima taubat dari hamba yang bermaksiat di siang hari. Dan Allah meluaskan tangan-Nya pada siang hari untuk menerima taubat dari hamba yang bermaksiat di malam hari.” (HR. Muslim).

Allah akan memberikan ampunan kepada hamba-Nya yang melakukan kesalahan dengan berbuat maksiat di siang hari atau malam hari.

Ibadah sholat Taubat menjadi cara yang paling mudah untuk dilakukan dalam mendekatkan diri kepada Allah.

Sholat Taubat

Setiap manusia pernah mengalami salah dan dosa. Namun, Allah SWT pencipta langit dan bumi dan penguasa alam semesta memiliki sifat Ar Rahman.

Doa-Sholat-Taubat

Allah begitu menyayangi para hambanya yang mau bertaubat dengan sungguh-sungguh kepada-Nya. Jika seorang manusia menyadari bahwa ia telah melakukan salah, maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah bertaubat.

Sholat Taubat merupakan sholat sunnah yang dilakukan sebagai bentuk rasa serius seorang hamba untuk bertaubat kepada Allah.

Apa Itu Sholat Taubat?

Sholat Taubat dilakukan untuk memohon ampunan kepada Allah atas dosa-dosa besar atau pun dosa-dosa kecil yang telah dilakukan.

Sholat Taubat merupakan jenis sholat sunnah nafilah. Artinya, tidak disyariatkan untuk melakukan sholat ini secara berjamaah.

Setiap orang bisa mengerjakan sholat taubat sendiri-sendiri agar lebih berkonsentrasi dan lebih khusyuk dalam mendekatkan diri kepada Allah.

Manfaat sholat taubat sendiri adalah untuk menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan. Jika berbuat dosa dan tidak meminta ampun, maka ini akan membuat seorang manusia menyesal di alam akhirat kelak.

Selama Allah SWT masih memberikan kesempatan untuk hidup di alam dunia, maka manusia bisa melakukan Sholat Taubat dan terus berdoa kepada Allah agar semua kesalahannya diampuni oleh Allah.

Sholat untuk meminta ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan ini juga biasa disebut dengan sholat minta ampun atau sholat istighfar.

Mengapa Perlu Melakukan Sholat Taubat?

Sholat taubat dilakukan untuk menyesali kesalahan atau dosa yang telah dilakukan. Setiap orang pasti pernah melakukan dosa baik dosa yang disengaja maupun dosa yang tidak disengaja.

Sholat taubat ini dilakukan sebagai bukti penyesalan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

Taubat yang paling baik adalah taubat nasuha. Taubat nasuha adalah taubat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan semurni-murninya dan tidak akan mengulangi perbuatan dosa lagi.

Tujuannya ialah memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala kesalahan yang pernah diperbuat. Penting bagi manusia untuk melakukan sholat taubat.

Niat sholat Taubat

Membaca niat adalah salah satu rukun dalam melakukan segala katifitas ibadah. Termasuk dalam hal ini ketika ingin melakukan sholat taubat.

Membaca niat sholat taubat adalah salah satu yang dilakukan sebelum mengucapkan takbiratul ikhram. Bacaan niat sholat taubat ini bisa di lafalkan dalam hati atau diucapkan dengan suara lirih. Simak bacaan niat sholat taubat berikut.

Bacaan Niat Sholat Taubat

Niat-Sholat-Taubat

Bacaan Niat Sholat Taubat Arab

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Taubat Latin

“Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’aalaa.”

Arti Bacaan Niat Sholat Taubat

“Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Sholat Taubat

Menjalankan sholat Taubat memiliki tata cara yang tidak jauh berbeda dengan tata cara melakukan sholat fardhu atau sholat wajib.

Hanya saja, niat, waktu dan bacaannya cukup berbeda. Tata cara sholat taubat hampir sama seperti melakukan sholat sunnah lainnya.

Sholat taubat dilakukan sebanyak dua rakaat dan satu kali salam. Namun, sholat ini juga boleh dikerjakan dalam dua rakaat, empat rakaat, dan enam rakaat.

Sebelum melakukan sholat taubat nasuha, syarat yang harus dilakukan mutlak sama seperti ketika akan melakukan sholat wajib. Syarat tersebut diantaranya adalah bersuci dari hadast kecil dan besar, menutup aurat, dan melakukannya di tempat yang suci.

Adapun tata cara melakukan sholat taubat nasuha sebagai berikut ini.

Rakaat Pertama :

  1. Mengucapkan niat (Niat boleh diucapkan di dalam hati dan dilisankan).
  2. Takbiratul ihram
  3. Membaca iftitah (sunnah)
  4. Membaca Al Fatihah
  5. Membaca surat pendek Al Qur’an
  6. Rukuk
  7. I’tidal
  8. Sujud
  9. Duduk diantara dua sujud
  10. Sujud kedua
  11. Berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua

Rakaat kedua :

  1. Membaca Al Fatihah
  2. Membaca surat pendek Al Qur’an
  3. Rukuk
  4. I’tidal
  5. Sujud
  6. Duduk diantara dua sujud
  7. Sujud kedua
  8. Tasyahud Akhir
  9. Mengucapkan Salam

Untuk bacaan dan langkah-langkah sholat sunnah Taubat sama dengan bacaan sholat wajib atau bacaan sholat fardhu.

Simak dan baca juga : Bacaan Sholat Wajib

Waktu Sholat Taubat

Sholat taubat bisa dilakukan dalam waktu kapanpun berbeda dengan pengerjaan sholat wajib sudah ada jadwal sholatnya dan waktu-waktu yang sudah ditentukan.

Menurut pendapat dari para ulama, sholat Taubat paling baik dilakukan selama sepertiga malam terakhir atau selama sholat tahajud dilakukan.

Sholat ini mutlak bisa dilakukan pada siang hari atau pun malam hari. Namun, ada beberapa waktu yang diharamkan untuk melakukan sholat taubat ini.

Waktu yang diharamkan untuk melakukan sholat taubat yaitu sama dengan waktu yang diharaman mengerjakan sholat wajib. Waktu-waktu yang diharamkan itu adalah :

  1. Antara shalat ashar sampai matahari terbenam
  2. Ketika matahari terlihat di tengah-tengah persis hingga condong
  3. Mulai dari terbit fajar hingga terbit matahari
  4. Menjelang matahari terbenam hingga benar-benar terbenam dengan sempurna
  5. Saat matahari terbit hingga naik sepenggalan

Simak daa baca juga : Waktu Sholat Dhuha

Doa Sholat Taubat

Setelah selesai mengerjakan sholat sunnah Taubat, dianjurkan untuk membaca istighfar. Dengan membaca Istighfar, kita berserah diri dan memohon ampun kepada Allah.

Berikut beberapa istighfar yang bisa kita baca sebagai doa sholat Taubat.

1. Membaca Doa Sayyidul Istighfar

Sayyidul Istighfar adalah istighfar paling baik atau paling mulia. Dengan membaca doa Sayyidul Istighfar berharap Allah akan menerima doa kita dan mengampuni kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan.

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar

Sayidul-Istighfar-Sebagai-Doa-Pengampunan

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar Arab

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Arti Doa Sayyidul Istighfar

“Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada tuhan selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku.”

“Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau.”

2. Membaca Doa Istighfar Nabi Adam

Selanjutnya membaca dos istighfar nabi Adam dan Hawa sebagai bacaan doa sholat Taubat.

Bacaan Doa Istighfar Nabi Adam

Istighfar-Nabi-Adam

Bacaan Doa Istighfar Nabi Adam Arab

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Bacaan Doa Istighfar Nabi Adam Latin

“Rabbanaa zhalamnaa anfusanaa wa-in lam taghfir lanaa watarhamnaa lanakuunanna minal khaasiriina.”

Arti Bacaan Doa Istighfar Nabi Adam

“Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

3. Membaca Doa Istighfar Rasulullah

Bacaan istighfar ini disebut dengan doa Istighfar Rasulullah karena beliau sering membaca doa Istighfar ini dalam setiap majelis. Setelah selesai mengerjakan sholat Taubat, Rasulullah juga membaca do istighfar tersebut.

Bacaan Doa Istighfar Rasulullah

Doa-Istighfar-Rasulullah

Bacaan Doa Istighfar Rasulullah Arab

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ تَوَّابُ رَحِيْمٌ

Bacaan Doa Istighfar Rasulullah Latin

“Rabbigfirlii Watub’alayya Innaka Anta Tawwabur Rahiim”

Arti Bacaan Doa Istighfar Rasulullah

“Ya Allah ampuni aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha penerima taubat dan maha penyayang.”

Selagi masih memiliki kesempatan hidup di dunia, bertaubatlah kepada Allah dengan sebenar-benarnya. Sesungguhnya orang yang senantiasa bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah akan disayang olehnya.

Simak dan baca juga : Doa Sholat Dhuha

Apakah Anda ingin kesalahan-kesalahan Anda diampuni oleh Allah?

Jawabannya pasti ya. Setiap manusia ingin diampuni segala kesalahan-kesalahan atas pernuatan maksiat dan dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Lakukanlah taubat nasuha ketika Anda menyadari telah berbuat kesalahan atau dosa. Jangan pernah menunda-nunda untuk melakukan taubat. Siapa tahu kita sudah tidak memiliki kesempatan di hari esok lagi.

Setiap muslim wajib untuk selalu bertakwa kepada Allah dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah.

Setiap orang hendaknya juga harus selalu sadar jika tindak-tanduk setiap harinya selalu mendapatkan pengawasan dari Allah.

Hindarilah perbuatan maksiat semaksimal mungkin. Namun ketika suatu kali terjerumus dalam dosa, hendaklah bertaubat kepada Allah SWT dengan melakukan sholat taubat.

Dengan melakukan sholat taubat dengan khusuk dan sungguh-sungguh niscaya Allah SWT akan mengampuni dosa manusia yang benar-benar bertaubat kepada-Nya.

Untuk mendapatkan pengampunan dari Allah, sholat taubat harus diiringi dengan tekad yang bulat dan tulus.

Lakukan dengan sepenuh hati dan penuh penyesalan. Jangan lupa, jauhkan diri dari hal-hal yang menyebabkan dosa-dosa tersebut.

Keutamaan Sholat Taubat

Manfaat-Sholat-Taubat

Sholat Taubat dilakukan untuk memohon ampunan kepada Allah atas dosa-dosa besar ataupun dosa-dosa kecil yang telah dilakukan.

Manfaat sholat taubat sendiri adalah untuk menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan. Jika berbuat dosa dan tidak meminta ampun, maka ini akan membuat seorang manusia menyesal di alam akhirat.

Sholat sunnah taubat dilakukuan untuk memohon ampun dengan bertaubat kepada Allah. Bagi yang mengerjakan sholat taubat ini akan mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Keutamaan sholat Taubat ini adalah sebagai berikut:

1. Akan Diampuni Oleh Allah

Bagi yang melakukan sholat taubat akan mendapatkan ampunan dari Allah atas kesalahan-kesalahan yang dilakukannya.

Rasulullah bersabda :

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ ثُمَّ يُصَلِّى ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ

“Tiada seorang pun yang berdosa kemudian ia berwudhu lalu mengerjakan sholat (Sholat taubat) serta memohon ampun kepada Allah melainkan ia akan diampuni oleh-Nya.”

2. Akan Dimasukkan Ke Surga Oleh Allah

Allah akan memasukkan orang ke Surga jika umat muslim yang berbuat dosa telah bertaubat. Karena semua umat muslim akan dihisab atas perbuatan-perbuatannya selama di dunia.

Dengan melakukan sholat taubat dan bertaubat dengan sungguh-sungguh untuk tidak mengulangi kesalahan-kesalahannya, maka orang tersebut akan dijauhkan dari api neraka dan ditempatkan di Surga.

Allah berfirman dalam Al Quran surah At Tahrim ayat 8 :

یٰۤاَیُّہَا الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا تُوۡبُوۡۤا اِلَی اللّٰہِ تَوۡبَۃً نَّصُوۡحًا ؕ عَسٰی رَبُّکُمۡ اَنۡ یُّکَفِّرَ عَنۡکُمۡ سَیِّاٰتِکُمۡ وَ یُدۡخِلَکُمۡ جَنّٰتٍ تَجۡرِیۡ مِنۡ تَحۡتِہَا الۡاَنۡہٰرُ

Artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuha. Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS. At-Tahrim ayat 8).

3. Akan Disukai Oleh Allah

Allah sangat mencintai hamba-Nya yang bertaubat kepada-Nya.

Dengan melakukan sholat taubat, berarti manusia yang telah berbuat dosa benar-benar menyesal dan bertaubat untuk tidak mengulagi perbuatan maksiat kembali.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 222 :

اِنَّ اللّٰہَ یُحِبُّ التَّوَّابِیۡنَ وَ یُحِبُّ الۡمُتَطَہِّرِیۡنَ

Artinya :

“Sungguh, Allah sangat menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al Baqarah ayat 222).

Dengan bertaubat atas kesalahan-kesalahan yang dilakukannya, Allah akan menyukai hamba-Nya.

4. Akan Didoakan Malaikat

Bagi umat muslim yang bertaubat akan didoakan oleh para malaikat. Para malaikat akan memanjatkan ampunan kepada Allah untuk orang muslim yang bertaubat.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Al Mu’min ayat 7 :

رَبَّنَا وَسِعۡتَ کُلَّ شَیۡءٍ رَّحۡمَۃً وَّ عِلۡمًا فَاغۡفِرۡ لِلَّذِیۡنَ تَابُوۡا وَ اتَّبَعُوۡا سَبِیۡلَکَ وَ قِہِمۡ عَذَابَ الۡجَحِیۡمِ

“Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka yang menyala-nyala.” (QS. Al Mu’min ayat 7).

Simak dan baca juga : Sholat Istikharah

Demikianlah ulasan tentang sholat taubat, manfaat dan tata cara melakukan sholat taubat lengkap. Semoga dengan niat yang tulus, ikhlas, dan bersungguh-sungguh untuk tidak melakukan perbuatan dosa membuat sholat taubat yang dilakukan benar-benar di ridhoi oleh Allah.

Loading...

Sujud Tilawah

Wahyoeni
4 min read

Sholat Rawatib

Wahyoeni
5 min read

Sholat Jumat

Wahyoeni
6 min read