Doa Mendapatkan Jodoh yang Baik

Simak ulasan tentang √ doa mendapatkan jodoh yang baik bagi laki-laki dan perempuan dalam bacaan arab, latin dan artinya berikut ini.


Jodoh

Setiap manusia diciptakan oleh Allah dengan berpasang-pasangan. Perempuan dan laki-laki sudah menjadi kodratnya untuk menjalin hubungn menjadi sebuah keluarga.

Doa-Mendapatkan-Jodoh

Allah berfirman dalam Al Quran surah Adz Dzariyaat ayat 49:

وَمِن كُلِّ شَىْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya:

“Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS. Adz Dzariyaat ayat 49).

Jodoh dalam bahasa indonesia berarti orang yang cocok menjadi suami atau istri sebagai pasangan hidupnya.

Setelah menemukan pasangan atau jodoh yang cocok, maka antara laki-laki dan perempuan akan menjalin ikatan suci dalam sebuh pernikahan.

Hubungan ini akan diresmikan dalam suatu acara suci yaitu Ijab Kabul yang dibacakan dalam akad nikah antara pengantin laki-laki dan wali pihak mempelai perempuan.

Acara ini akan dipimpim oleh seorang penghulu dan disaksikan oleh beberapa saksi dari kedua pengantin.

Dalam menjalin hubungan keluarga, semua umat muslim berharap dalam pernikahannya nanti menjadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah.

Menemukan seorang pasangan hidup atau jodoh yang serasi, yang pengertian, baik, mampu, memiliki wajah yang menawan tentu menjadi idaman setiap orang.

Bagi laki-laki, menemukan pasangan hidup seorang wanita sholehah adalah suatu idaman dan keinginan yang sangat besar.

Karena dengan mendapatkan wanita sholehah yang memiliki sifat yang baik dapat membuat keluarganya menjadi bahagia kelak.

Bagi perempuan, menemukan pasangan gidup seorang laki-laki yang bertanggung jawab, memilki ahlak yang baik dan memiliki wajah yang menawan adalah idamannya.

Untuk memperoleh pasangan yang sesuai dengan kriteria dan harapan adalah sudah menjadi keinginan setiap umat muslim. Sebagai seorang muslim yang taat tentu doa adalah salah satu cara untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Termasuk dalam hal ini ketika memohon kepada Allah untuk mendapatkan jodoh yang baik. Karena sesungguhnya Allah Sangat menyukai orang-orang yang berdoa.

Pada kesempatan ini wistanabawi akan mengulas tentang doa mendapatkan jodoh yang baik arab, latin dan artinya.

Doa Mendapat Jodoh yang Baik

Bagi semua umat muslim dapat memanjatkan doa mendapatk jodoh yang baik agar kelak menjadi keluarga yang bahagia dunia dan akirat.

Namun tentu saja, walau sudah membaca doa mendapat jodoh yang baik bukan berarti jodoh Anda akan datang dengan sendirinya. Anda dianjurkan untuk tetap ikhtiar samapi jodoh yang Anda inginkan datang.

Dalam hal ini Anda dapat melakukan untuk mencari jodoh yang terbaik buat Anda melalui cara Taaruf.

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan :

“Kalo jodoh tidak akan kemana”

Ungakapan ini menggambarkan kalau sudah jodoh walau jauh, pasti juga nanti akan ketemu juga. Karena jodoh memang sudah menjadi takdir Allah.

Tapi apakah akan mendapatkan jodoh jika Anda tidak kemana-mana?

Jadi intinya dengan mengamalkan doa mendapat jodoh yang baik, Anda memohon kepada Allah agar dipermudah dalam menemukan jodoh Anda melalui doa tersebut.

Namun tetap melakukan ikhtiar sebagai wujud serah diri kepada Allah, bahwa jodoh yang diberikan Allah kepada Anda adalah yang terbaik untuk Anda.

Berikut doa untuk mendapatkan jodoh yang baik yang bisa Anda baca setelah sholat wajib. Atau setiap selesai Anda mengerjakan sholat sunnah, seperti sholat dhuha, sholat tahajud atau sholat hajat.

Doa mendapatkan jodoh yang baik dibagi dalam dua doa, yaitu itu doa untuk perempuan dan doa untuk laki-laki.

Doa Mendapat Jodoh yang Baik Bagi Laki-Laki

Doa mendapat jodoh ini adalah doa yang dipanjatkan oleh seorang laki-laki agar mendapatkan jodoh seorang wanita sholehah dan wanita terbaik yang akan menjadi istrinya.

Bacaan Doa Mendapat Jodoh yang baik Bagi Laki-laki

Doa-Mendapatkan-Jodoh-Untuk-Pria

Bacaan doa agar mendapatkan jodoh yang baik bagi laki-laki arab

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

“Robbi Habli Min Ladunka Zaujatan Thoyyibah Akhutubuha Wa Atazawwaj Biha Watakuna Shohibatan Lii Fiddiini Wadunnyaa Wal Aakhiroh.”

Artinya :

“Ya Robbi, berikanlah kepada istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Doa Mendapat Jodoh yang baik Bagi Perempuan

Doa mendapat jodoh ini adalah doa yang dipanjatkan oleh seorang perempuan.

Harapannya agar mendapatkan jodoh seorang laki-laki tampan, bertanggung jawab yang nantinya menjadi suami dan dapat menjadi pemimpin keluarga yang yang bahagia dunia dan akhirat.

Bacaan Doa Mendapat Jodoh yang Baik Bagi Perempuan

Doa-Mendapatkan-Jodoh-Untuk-Perempuan

Bacaan Doa mendapat Jodoh yang baik Untuk Perempuan Arab

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

“Robbi Habli Milladunka Zaujan Thoyyiban Wayakuuna Shoohiban Lii Fiddiini Waddunyaa Wal Aakhiroh.”

Artinya :

“Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Selaian memanjatkan doa untuk meminta jodoh yang baik diatas kepda Allah, Anda juga dianjurkan untuk mengerjakan amalan-amalan agar doa Anda dapat terkabul.

Amalan Untuk Mendapatkan Jodoh yang Baik

Dengan menganalkan perbuatan-perbuatan yang diajarkan Rasulullah ini, insyallah akan lebih memudahkan Anda untuk mendapatkan jodoh yang baik. Siamk amalan-amalan yang dapat mendekatkan jodoh Anda berikut ini.

Amalan-Untuk-Mendapatkan-Jodoh-yang-Baik

1. Mengerjakan Sholat Tahajud

Sholat sunnah Tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang sangat ditekankan dan dianjurkan oleh Rasulullah.

Dengan mengerjakan sholat tahajud setiap malam maka Anda akan mendapatkan pahala yang luar biasa.

Setelah mengerjakan sholat tahajud dan membaca doa sholat tahajud, Anda dapat melanjutkan dengan membaca doa mendapatkan jodoh yang baik kepada Allah.

Karena waktu melakukan sholat tahajud yaitu di sepertiga malam terakhir merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Dengan demikian doa Anda akan mudah dikabulkan oleh Allah.

2. Mengerjakan Sholat Hajat

Sama dengan penjelasan sholat tahajud diatas, sholat hajat adalah sholat sunnah yang dilakukan karena memilki hajat yang ingin segera tercapai.

Dalam hail ini Anda ingin mendapatkan seorang jodoh yang baik, dan Anda sudah ingin menikah untuk menjadi seorang pengantin dengan calon pasangan Anda dalam membina sebuah keluarga yang bahagia.

Dengan mengerjakan sholat hajat, dan memanjatkan doa untuk mendapatkan jodoh yang baik setelahnya, ini adalah salah satu cara untuk mempermudah doa Anda agar diijabah oleh Allah.

3. Membaca Surat Yusuf

Dalam surat Yusuf dalam Al Quran dijelaskan bahwa nabi Yusuf adalah salah satu manusia yang paling tampan di Dunia. Bahkan Nabi yusuf adalah Nabi paling tampan selain nabi Muhammad SAW.

Dengan membaca surat Yusuf dalam Al Quran mudah-mudahan Anda akan mendapatkan syafaat dari nabi Yusuf agar wajah Anda bisa terlihat bersinar seperti beliau.

Denagn begitu nanti Anda akan memiliki wajah yang cerah dan Anda akan mudah mendapatkan jodoh.

4. Menjaga Wudhu

Wudhu adalah salah satu cara agar Anda terbebas dari hadast kecil. banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjaga Wudhu Anda.

Dengan sering berwudhu, maka insyallah akan membuat wajah Anda terlihat selalu segar, berseri dan tidak kusam.

Simak dan baca : Doa Setelah Wudhu

5. Memelihara Sholat Fardhu

Sholat wajib adalah sholat wajib yang harus dikerjakan oleh semua umat muslim yang sudah memenuhi syarat wajib sholat. Sholat fardhu ini adalah ibadah paling utama dari ibadah-ibadah lainnya.

Dengan memelihara sholat fardhu ini, seperti mengerjakannya tepat waktu dan selalu berjamaah, insyallah akan membuat Anda lebih dekat dengan Allah.

Anda dapat membaca doa untuk mendapatkan jodoh yang baik setelah mengerjakan sholat fardhu. Denagn demikian insyaallah doa Anda akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah.

Simak dan baca : Bacaan Sholat Fardhu

6. Menjaga Silaturahmi

Amalan-amalan yang dijkerjakan diatas berhubungan dengan permohonan Anda kepada Allah, dan usaha untuk mendekatkan diri Anda dengan Allah.

Dalam hal ini Anda juga perlu menjaga hubungan dengan sesama manusia di sekitar Anda. Salah satunya yaitu dengan sillaturahmi ke saudara, sahabat, tetangga dan orang-orang muslim lainnya.

Jagalah silaturahmi Anda dengan orang lain, karena mungkin jodoh yang baik untuk Anda akan ditemukan oleh Allah melalui sillaturahmi tersebut. Jadi jagalah hubungan baik dengan setiap orang.

7. Berserah diri dan Tawakal

Setelah Anda mengerjakan amalan-amalan di atas, serahkan kembali semuanya kepada Allah.

Berserah diri dan bertawakalah kepada Allah. Karena semua yang terbaik menurut Anda belum tentu baik menurut Allah. Jadi percayakan semuanya kepada Allah sebagai Dzat Yang Maha Mengetahui.

Dan bagi Anda yang sudah mendapatkan jodoh yang baik kemudian menikah untuk membina keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah.

Namun tidak hanya sampai disini saja amalan-amalan yang harus Anda kerjakan. Masih ada doa-doa lainnya yang harus Anda panjatkan agar suami atau istri Anda serta anak-anak Anda bahagia juga.

Anda bisa memanjatkan doa untuk suami, doa keselamatan dunia dan akirat atau doa untuk mendapatkan keturunan yang baik.

Simak dan baca : Doa Pagi Hari

Demikian ulasan tentang doa mendapatkan jodoh yang baik dari Allah yang dapat Anda amalkan. Karena dengan mendapatkan pasangan hidup atau jodoh yang baik akan membuat keluarga Anda bahagia dunia akherat.

Loading...

Doa Sayyidul Istighfar

Wahyoeni
3 min read

Doa Qunut

Wahyoeni
3 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Wahyoeni
3 min read

Doa Ziarah Kubur

Wahyoeni
7 min read

Doa Akhir Tahun

Wahyoeni
6 min read