Doa Untuk Keluarga

Simak tentang √ doa untuk keluarga agar bahagia dan harmonis dan √ doa keluarga agar sakinah, mawaddah, warohmah dan berkah .


Keluarga

Keluarga merupakan unit atau bagian terkecil dalam masyrakat yang terdiri dari kepala keluarga dan anggota keluarga. Kepala keluarga adalah ayah dan anggota keluarga adalah ibu dan anak.

Doa-Untuk-Keluarga

Keluarga berkumpul dan tinggal di suatu rumah atau tempat dimana mereka saling saling ketergantungan satu sama lain.

Sebagai keluarga sudah selayaknya saling menyayangi, melindungi dan saling mendoakan agar senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.

Anggota keluarga yang saling menjaga dan saling peduli akan membuat keluarga yang bahagia bahkan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah.

Karena pendidikan dan ajaran dalam lingkup yang paling kecil adalah lingkup keluarga. Jika hubungan dalam keluarga harmonis, maka keluarga tersebut akan bahagia. Namun jika hubungan dalam keluarga tidak harmonis maka keluarga tersebut akan berantakan juga.

Dalam keluarga diharapkan saling terbuka dan saling menghargai. Seorang suami menghargai istrinya, begitu juga seorang istri sholehah wajib hukumnya mentatati suaminya.

Orang tua dalam mendidik anak juga penuh kasih sayang sehingga hubungan antara orang tua dan anak-anaknya akan sangat harmonis.

Anak tidak takut sama orang tuanya, dan orang tua juga perhatian dengan anak-anaknya, bukan hanya fokus sama pekerjaannya. Sedangkan anak-anaknya diasuh oleh neneknya atau seorang pengasuh.

Untuk itu usahakan keluarga sering-sering berkumpul dala suatu aktiftas agar hubungan antar anggota keluarga menjadi hangat dan harmonis.

Misalnya dengan melakukan sholat wajib berjamaah bersama semua anggota keluarga, sarapan bersama atau menghabiskan waktu keluarga menonton acara tv bersama-sama.

Dan sesama anggota keluarga dapat saling mendoakan agar senantiasa mendapat perlindungan dari Allah dan menjadi keluarga yang bahagia, sakinah, mawaddah dan warohmah.

Kita tahu bahwa doa merupakan salah satu kunci utama untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berdoa kita dapat memohon atau meminta kepada-Nya.

Untuk memperoleh kebahagiaan dalam keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah bukanlah perkara yang mudah. Perlu usaha dan doa serta peran dari semua anggota keluarga.

Doa-Agar-Keluarga-Sakinah

Usaha tanpa doa sama juga dengan kesombongan, sedangkan doa tanpa usaha merupakan perbuatan sia-sia. Kedua hal ini saling mendukung dan memiliki kekuatan yang sama untuk di perjuangkan agar yang diharapkan dan diimpikan bisa dicapai.

Semua itu membutuhkan kekuatan doa, saling menjaga dan berusaha maka kebahagiaan dalam rumah tangga akan terasa dan Allah akan lebih dekat dalam setiap langkah orang-orang yang ada di dalam naungan keluarga itu.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang doa untuk keluarga dalam bacaan arab, latin dan artinya agar memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

Doa Untuk Keluarga

Doa untuk keluarga adalah doa-doa yang dapat dipanjatkan oleh semua anggota keluarga. Misalnya memanjatkan doa bersama-sama anggota keluarga agar selamat dunia akhirat.

Suami yang memanjatkan doa untuk istrinya atau juga istri yang memanjatkan doa untuk suaminya. Doa anak kepada orang tua, atau doa orang tua untuk anak-anaknya.

Berikut beberapa kumpulan doa untuk keluarga agar menjadi keluarga sakinah, bahagia, dan selamat dunia akhirat.

1. Doa Menjadi Keluarga Sakinah

Doa untuk menjadi keluarga sakinah ini dapat kita panjatkan kepada Allah. Kita memohon agar keluarga kita menjadi keluarga sakinah.

Bacaan Doa Menjadi Keluarga Sakinah

Doa-Agar-Menjadi-Keluarga-Sakinah

Bacaan Doa Menjadi Keluarga Sakinah Arab

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya :

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS Al Furqan ayat 74).

2. Doa Agar Keluarga Bahagia Dunia dan Akhirat

Setiap membina keluarga pasti ingin mendapatkan kebahagiaan dalam pernikahannya. Di berikan istri seorang wanita sholehah, mendapatkan seorang suami yang bertanggung jawab dan bisa menjadi imam keluarga. Serta memperoleh keturunan yang sholeh dan sholehah.

Bacaan Doa Agar Keluarga Bahagia Dunia dan Akhirat

Doa-Keluarga-Memohon-Kebaikan-Dunia-Akhirat

Bacaan Agar Keluarga Bahagia Dunia dan Akhirat Arab

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :

“Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari azab api neraka.” (QS. Al-Baqarah ayat 201)

3. Doa agar Dikaruniai Keluarga yang Rajin Sholat

Semua keluarga ingin memperoleh keluarga yang rajin sholat. Karena sholat wajib adalah tiangnya agama.

Dengan anggota keluarga yang rajin sholat, maka akan senantiasa harmonis dan menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya.

Bacaan Doa agar Dikaruniai Keluarga yang Rajin Sholat

Doa-Agar-Keluarga-Rajin-Sholat

Bacaan Doa agar Dikaruniai Keluarga yang Rajin Sholat Arab

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

Artinya:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan keturunanku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.“

4. Doa Keluarga agar Ditingkatkan Kasih Sayang

Dalam keluarga harus terjalin kepedulian antara semua anggota keluarga. Kepedulian semakin meningkat jika rasa kasih sayang antar sesama anggota keluarga juga bertumbuh dengan kuatnya.

Rasa kasih sayang yang tumbuh dalam jiwa masing-masing anggota keluaga akan membuat rumah tangga seseorang harmonis.

Bacaan Doa Keluarga agar Ditingkatkan Kasih Sayang

Doa-Keluarga-Agar-Ditingkatkan-Kasih-Sayang

Bacaan Doa Keluarga agar Ditingkatkan Kasih Sayang Arab

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ

Artinya :

“Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku.” (QS. Taha ayat 9).

5. Doa agar Keluarga diberi Ketenangan

Berdzikirlah kepada Allah agar mendapat ketenagan hati. Keluarga yang bahagia adalah keluarga yang damai dan penuh ketenangan hati antara orang tua dan anak-anaknya.

Panjatkan doa untuk memohon ketenangan hati kepada Allah agar keluarga selalu diberi ketenangan dan kedamaian.

Simak dan baca : Doa Kafarah Ghibah

Bacaan Doa agar Keluarga Diberi Ketenangan

Doa-Keluarga-Agar-Diberi-Ketenangan

Bacaan Doa agar Keluarga Diberi Ketenangan Arab

الّلهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang tenang, yang percaya dengan pertemuan dengan-Mu dan menerima apa yang menjadi anugerah-Mu dan rela terhadap ketentuan-Mu“.

6. Doa Untuk Keluarga Agar Selamat Dunia dan Akhirat

Sebagai seorang istri yang sholehah sudah sewajibnya untuk memanjatkan doa untuk suami-nya agar senantiasa mendapatkan keselamatan, dimudahkan dan dilancarkan rezekinya.

Begitu juga dengan suami yang sholeh dan bertanggung jawab dianjurkan untuk mendoakan istrinya agar rezekinya lancar dan selamat di dunia dan akhirat.

Anda bisa memanjatkan doa keselamatan atau sering disebut sebagai doa sapu jagat berikut.

Bacaan Doa Untuk Keluarga Agar Selamat Dunia dan Akhirat

Doa-Selamat-Dunia-Dan-Akhirat

Bacaan Doa Untuk Keluarga Agar Selamat Dunia dan Akhirat Arab

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

7. Doa Memohon Keturunan yang Baik

Setiap orang tua menginginkan agar dikaruniai anak-anak yang biak, sholeh dan sholehah oleh Allah.

Untuk itu dianjurkan untuk memanjatkan doa tersebut agar mendapatkan anak yang sholeh dan sholehah yang kelak bisa mendoakan kedua orang tuanya jika sudah meninggal.

Bacaan Doa Memohon Keturunan yang Baik

Doa-Keluarga-Memohon-Keturunan-yang-Baik

Bacaan Doa Memohon Keturunan yang Baik Arab

رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاء

Artinya :

“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar Doa.” (QS. Ali Imran ayat 38).

Simak dan baca : Doa Untuk Anak

8. Doa Untuk Orang Tua

Selain orang tua yang berdoa untuk mendapatkan kelancaran rezeki dan menjadi keluarga yang bahagia. Anak-anak juga dapat membaca doa untuk orang tua-nya agar mendapatkan berkah dan kebahagiaan.

Bacaan Doa Untuk Orang Tua

Doa-Untuk-Orang-TuaBacaan Doa Untuk Orang Tua Arab

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

Simak dan baca : Doa Sayyidul Istighfar

Demikian ulasan tentang doa agar keluarga bahagia yang bisa kita panjatkan kepada Allah agar senantiasa menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah. Menjadi keluarga yang bahagia, harmonis dan penuh berkah di dunia dan akhirat.

Loading...

Tata Cara Berdoa

Wahyoeni
3 min read

Bacaan Ayat Kursi

Wahyoeni
5 min read

Doa Kafarah Ghibah

Wahyoeni
5 min read

Doa Qunut Nazilah

Wahyoeni
3 min read

Doa Masuk Masjid

Wahyoeni
2 min read